Indonesia Selamat dari Terkaman Malaysia


May 16, 2022

Perjuangan Timnas Basket Putra Indonesia di SEA Games 2022 resmi dimulai. Pada pertandingan pertama, Senin siang (16/5), Indonesia lolos dari terkaman Malaysia. Setelah melewati babak overtime, Indonesia menang dengan skor tipis 95-92. Malaysia benar-benar merepotkan Indonesia di kuarter keempat. 

Malaysia menurunkan starter yang berisi Jie Zhen, Wen Qian Anthony, Chung Hong Ting, Tian Yuan, dan Wei Yong. Malaysia dinakhodai oleh head coach B. Guganeswaran. Dari Indonesia, head coach Milos Pejic kali ini menjurunkan starter yakni Juan Laurent Kokodiptra, Brandon Van Dorn Jawato, Abraham Damar Grahita, Andakara Prastawa Dhyaksa, dan Vincent Rivaldi Kosasih. 

Di kuarter ketiga, poin pertama bagi Indonesia dicetak oleh Andakara Prastawa Dhyaksa. Pemain Pelita Jaya Bakrie Jakarta tersebut juga membawa Indonesia unggul 8-3 lewat tembakan three point saat laga berjalan dua menit. Tapi keunggulan tersebut tidak bisa dipertahankan Indonesia, karena pada pertengahan kuarter, Malaysia membalikkan keadaan menjadi 12-10. Pada sisa waktu satu menit, Indonesia mendapatkan tiga poin beruntun. Kali ini dicetak oleh Brandon Jawato melalui free throw. Indonesia memimpin 24-22 saat kuarter pertama ditutup. 

Memasuki kuarter kedua, Indonesia leading 9 angka (34-22) melalui performa menawan Prastawa, Abraham, dan Jawato. Bahkan keunggulan Indonesia meningkat menjadi 20 angka (44-24) di sisa lima menit kuarter kedua. Indonesia tampaknya sudah di atas angin. Namun Malaysia dengan ketenangannya bisa menurunkan margin hingga 15 angka (37-52) di sisa 17 detik terakhir. Indonesia masing unggul 54-37 saat turun minum. 

Sempat unggul 21 angka di babak pertama, tak membuat Indonesia aman. Karena Malaysia terus mendekati Indonesia, termasuk di kuarter ketiga saat mereka bisa menyusul dengan skor 56-74. Tapi di kuarter ketiga ini, Indonesia mulai melemah. Mereka mencetak 20 poin, tidak seperti di dua kuarter sebelumnya.

Petaka bagi Indonesia terjadi di kuarter keempat. Indonesia hanya mencetak tiga poin dalam waktu enam menit. Sebaliknya, Malaysia terus mengejar Indonesia dan puncaknya mereka hanya terpaut satu angka (76-77) di sisa empat menit, melalui three point Chung Hong Ting. Pemain ini benar-benar jadi momok menakutkan bagi Indonesia. Di sisa waktu satu menit, Derrick Michael mampu membawa Indonesia memimpin 84-82. Tapi poin tersebut dibalas oleh Malaysia sehingga skor sama kuat (84-84) tercipta hingga waktu normal berakhir. 

Di babak overtime, Abraham, Derrick, dan Jawato bahu membahu membuat Indonesia tetap memimpin jalannya pertandingan. Dua free throw dari Prastawa membuat Indonesia unggul 95-90. Sementara Malaysia hanya membalas dengan memasukkan dua angka di 29 detik tersisa. Akhirnya laga ini dimenangkan oleh Indonesia dengan skor 95-90. 

Chung Hong Ting dari Malaysia mencetak 34 poin, 9 rebound, 3 asis, 3 steal, dan 2 blok. Hong Ting memasukkan 11 dari 25 percobaan tembakan, termasuk 8 three point dari 18 attempt selama pertandingan berlangsung. Sebaliknya dari Indonesia, ada tiga pemain dengan perolehan poin 20+ yaitu Brandon Jawato (27 poin), Derrick Michael (24 poin), dan Abraham Damar (22 poin). Derrick juga menambahkan 18 rebound yang membantu pertahanan Indonesia. 

Selanjutnya Indonesia akan berhadapan dengan Thailand pada 18 Mei 2022. Di babak penyisihan ini, sistem yang digunakan adalah round robin. Sehingga tujuh tim peserta akan bertemu sekali. (*)

 

Credit Foto : Ariya Kurniawan