News Tim Nasional

Indonesia Berhasil Kalahkan Thailand

20 June 2021
|

Tim nasional Indonesia akhirnya berhasil meraih kemenangan pada babak Kualifikasi FIBA Asia 2021 di Angeles University Foundation Gym, Clark City, Filipina setelah menundukkan Thailand 86-69, Minggu 20 Juni. 

Lester Prosper menjadi pencetak angka terbanyak dengan 22 poin plus 11 rebound, diikuti Andakara Prastawa Dhyaksa yang membuat 19 angka dan Abraham Damar Grahita dengan 15 angka. Hardianus Lakudu dan Agassi Goantara masing-masing membuat 10 angka.

Di kubu Thailand, Nattakarn Muangboon mengemas 14 angka, Chanatip Jakrawan mencetak 13 poin dan Chitcai Ananti mengemas 11 poin.   Thailand membuka angka lewat dahulu lewat three points Wattana Suttisin. Abraham Damar Grahita membalas juga dengan tembakan tiga angka. Tembakan tiga angka Andakara Prastawa dan dua free throw Lester Prosper membuat Indonesia unggul. Thailand membalas lewat lay up Nattakarn Muangboon. Three points Prastawa dibalas three points play Suttisin, 11-8. 

Indonesia melesat dengan keunggulan 18-8 lewat Prastawa, Hardianus Lakudu dan Prosper, namun Thailand mengejar lewat angka dari  Chanatip Jakrawan, Chatpol Chungyampin, Suttisin, dan Muangboon 18-15. Tembakan tiga angka Abraham dibalas juga dengan tembakan tiga angka Muangboon membuat kuarter pertama berakhir dengan kedudukan 21-18 untuk keunggulan Indonesia.

Hardianus membuka kuarter kedua dengan tembakan tiga angka. Jakrawan membalas dengan lay up. Lay up Prosper juga dibalas oleh Jakrawan. Kevin Yonas Sitorus dan Abraham menjauhkan selisih angka, 31-25.  Chitchai Ananti memperkecil selisih, Arki kembali menjauhkan. Jakrawan kembali menipiskan, Kevin dan Prastawa plus dunk Prosper kembali memperlebar jarak, 46-30. Three points Agassi Goantara menutup angka babak pertama, 49-32.

Three points dan dua lemparan bebas Agassi membuka angka Indonesia pada babak kedua.  Fadeaway jump shot Pratawa menambah keunggulan 56-36.  Three points Abraham juga menjaga marjin selisih 61-40. Thailand memangkas jarak hingga hanya selisih delapan angka, 62-50 ketika Jittaphon Towaroj melesakkan tembakan tiga angka. Indonesia akhirnya menutup kuarter ketiga dengan keunggulan 67-54. Jakrawan membuka angka pada kuarter terakhir bagi Thailand. Prosper membalas, namun tembakan tiga angka dibuat oleh Muangboon. Lester dan Prastawa menjaga selisih angka, 73-59. 

Juan Laurent Kokodiputro memanfaatkan lemparan bebas akibat unsportmanslike foul pemain Thailand dan Indonesia  memimpin 75-61. Lima menit terakhir, Indonesia memimpin 78-64 setelah Prosper mencetak angka. Prosper kembali mencetak angka, 82-64. Indonesia akhirnya memenangkan pertandingan dengan kedudukan 86-69.

Baca Juga: Rekam Jejak Chris Daleo Sebelum Jadi Pelatih RANS PIK Basketball

0 Comments