IBL Talks Yudha Saputera: Impian yang Terwujud


May 01, 2021

Penggawa Indonesia Patriots, Yudha Saputera, bercerita tentan perasannya bisa bermain di Indonesia Basketball League (IBL). Impin Yudha akhirnya terwujud di musim ini.

Sejak memutuskan menekuni basket, Yudha sudah bermimpi menjadi pemain profesional. Kesempatan itu akhirnya datang juga di IBL Pertamax 2021.

Yudha merupakan rekrutan anyar Prawira Bandung. Namun, pada IBL Pertamax 2021 Yudha bermain untuk Indonesia Patriots yang notabene merupakan tim nasional elite.

Ada beberapa perbedaan yang dirasakan Yudha dari bermain di level mahasiswa, kemudian profesional. Intensitas gim di IBL jauh lebih ketat.

“Banyak pengalaman dan latihan yang didapat di IBL ini. Semuanya berbeda dari saat masih bermain di level mahasiswa,” ujar Yudha pada sesi IBL Talks, Sabtu (1/5)

Satu hal yang paling terasa adalah role Yudha di Indonesia Patriots. Sebagai yang paling senior, Yudha punya tugas membimbing pemain tim nasional elite lainnya.

“Kalau di kampus, saya dapat role sebagai eksekutor. Sementara di Patriots, saya leader, jadi harus membantu yang lain untuk bisa jago juga,” tutur Yudha.

Pada IBL Pertamax 2021, Yudha mencatatkan rataan 10,8 poin per gim. Pebasket berusia 22 tahun itu juga membawa Indonesia Patriots meraih 10 kemenangan dari 16 laga di fase pertama.

Kini, Yudha semakin dekat dengan impiannya yang lain yakin membela tim nasional senior. Yudha dapat kesempatan seleksi tim Garuda bersama pelatih Rajko Toroman.

“Saya ingin coba kemampuan saya sampai mana,” tutur Yudha.