IBL Siap Umumkan Anggota Baru


Sep 14, 2021

Setelah melewati proses panjang, manajemen IBL siap mengumumkan empat calon anggota baru Kompetisi IBL 2022 pada hari Rabu 15 September. “Kami sudah melakukan verifikasi secara menyeluruh pada kelima bakal calon anggota klub baru IBL, kita akan menentukan empat klub yang terpilih sebagai anggota baru IBL,” kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah , Selasa, 14 September.

Kelima klub bakal calon tersebut adalah Bumi Borneo Basketball Pontianak, Evos Basketball, Louvre Malang, RANS PIK Basketball dan Tangerang Hawks. “Kriteria penilain adalah pada sisi manajemen dan administrasi,” jelas Junas.

Penilaian sisi manajemen mengacu pada presentasi setiap klub meliputi latar belakang keikutsertaan, visi dan misi, pengalaman keolahragaan, rencana sumber pendapatan dan penganggaran , struktur manajemen dan tentang masalah finansial meliputi rekening perusahaan selama tiga bulan terakhir, laporan keuangan serta proyeksi finansial masing-masing klub.

Dari segi administrasi, tim verifikasi mengarah pada kelengkapan dokumen sebagai prasyarat IBL dan kelengkapan dokumen dari Perbasi. IBL mensyaratkan calon anggota harus memiliki NIB, NPWP, SPPKP, Akta Perusahaan, dokumen ketentuan calon peserta serta surat pernyataan keikutsertaan.

Setiap calon anggota juga harus menyertakan surat rekomendasi dari Pengkab/Pengkot Perbasi, surat rekomendasi Pengprov Perbasi, surat rekomendasi PP Perbasi, kesediaan membina usia muda, venue, dominasi dan kesanggupan keikutsertaan selama lima musim kompetisi IBL.

“Kami gembira dengan antusiasme para kandidat, secara umum mereka sudah melengkapi semua persyaratan yang diwajibkan. Hal ini menunjukkan keseriusan dan kepercayaan mereka terhadap prospek Kompetisi IBL sebagai level kompetisi bola basket tertinggi di Indonesia,” tutur Junas.

Awalnya empat klub yang mendaftarkan diri adalah Evos, Louvre, Rans dan sebuah konsorsium dari Semarang. Namun, nama terakhir kemudian mengundurkan diri. “Situasi pandemi berdampak pada rekan-rekan konsorsium Semarang, sehingga mereka mengundurkan diri,” tutur Junas.

IBL kemudian membuka pendaftaran tahap kedua. Pada tahap kedua inilah Bumi Borneo dan Hawks mendaftarkan diri. “Ini adalah bagian dari upaya kami semakin menyemarakkan kompetisi, selain memang klub-klub tersebut menilai potensi IBL yang cukup besar untuk berkembang  secara professional,” tegasnya.

Kita tunggu, siapa saja empat anggota baru IBL yang akan mulai berkiprah pada Kompetisi IBL 2022. Pengumuman penerimaan anggota baru bisa disaksikan secara langsung melalui channel youtube IBL.