Pau Gasol Jadi Anggota IOC


Aug 08, 2021

Bintang bolabasket Spanyol  Pau Gasol memenangkan pemilihan Rabu di Tokyo Games yang berarti dia akan bergabung dengan tokoh-tokoh olah raga dan mewakili atlet selama tujuh tahun ke depan di Komite Olimpiade Internasional.

"Saya mengucapkan selamat kepada Pau Gasol. Suatu kebanggaan bagi insan basket dunia bisa menempatkan atletnya menjadi anggota IOC," kata Erick Thohir, anggota IOC dari Indonesia yang juga merupakan anggota central  board FIBA.

Gasol adalah salah satu dari 30 kandidat yang bersaing dalam pemilihan  yang berlangsung saat Olimpiade Tokyo .

Dia mendapat 1.888 dari lebih dari 6.800 suara yang diberikan oleh atlet untuk empat kursi IOC yang kosong. Jajak pendapat ditutup Selasa lalu.

Rapat IOC pada hari Rabu yang juga dihadiri anggota Erick Thohir akhirnya meresmikan keanggotan Gasol dalam Komite Olimpiade Internasional tersebut.  

Para anggota IOC ini memiliki wewenang seperti memilih kota tuan rumah Olimpiade .

Masa jabatan tujuh tahun Gasol akan berlangsung hingga Olimpiade 2028 di Los Angeles, di mana ia memenangkan dua gelar NBA bersama Lakers. Anggota baru lainnya adalah pesepeda Maja Martyna Wloszczowska dari Polandia, perenang Italia Federica Pellegrini dan Yuki Ota dari Jepang, dari olah raga anggar.