News News

IBL 2023, Memulai dengan Jumlah Gim Terbanyak dalam Sejarah

26 December 2023
|

IBL 2023 telah selesai.  Ada beberapa fakta menarik yang harus diketahui IBL Fans, dan bakal membuat musim 2023 lebih istimewa. IBL 2023 dimulai dari perjalanan liga basket tertinggi Tanah Air ini. Dimulai dari 2023 berarti musim ini IBL memasuki tahun ke-20. Sudah dua dekade, IBL menjadi wadah kompetisi basket profesional Indonesia. Melahirkan bintang-bintang basket yang dikenal di masyarakat. 

Memasuki musimnnya yang ke-20, IBL membuat gebrakan yakni peningkatan jumlah pertandingan. Di musim 2023 ada 240 pertandingan di reguler season. Dengan rincian bahwa setiap klub atau 16 peserta di liga menjalani 30 pertandingan. Jumlah ini menjadi yang tertinggi dalam lima musim terakhir. Sebagai gambarannya, di musim 2022 saja, pertandingan musim reguler berjumlah 176 laga.

Kemudian pada IBL 2023 tidak lagi menggunakan sistem divisi, melainkan kompetisi penuh. Kemudian, fakta menariknya adalah ada 24 pemain asing baru dari total 30 pemain asing yang tampil di IBL. Hal ini semakin membuat fans penasaran, bagaimana kualitas mereka, dan juga apakah mereka bisa membantu klub meraih hasil maksimal. Adapun pada musim 2023 merupakan musim dengan jumlah pelatih asing terbanyak yakni delapan orang. Tak hanya itu, mereka datang dari negara dengan kultur basket yang berbeda-beda, seperti Eropa, Amerika, dan ada pula yang dari Asia. 

Pada IBL 2023 Tip-Off juga diselenggarakan di Bali. Ini pertama kalinya liga membuat terobosan dengan membuka musim tidak di Pulau Jawa. 

Baca Juga: Sixth Man of The Year : Persaingan dari Veteran Hingga Rookie

0 Comments