News Event

Head-to-head: Yeison Yan Colome Vs. Brandone Francis

09 June 2023
|

Big Match di hari keenam IBL Tokopedia 2023 di C-Tra Arena mempertemukan Dewa United Banten melawan Prawira Harum Bandung, Jumat (9/6). Pertandingan ini sangat menarik karena merupakan pertemuan pertama antara dua pemain Republik Dominika. Dewa United punya Yeison Yan Colome, sedangkan di kubu Prawira ada Brandone Francis. 

Kalau melihat pengalaman, Colome memulai debutnya di liga profesional Republik Dominika bermain untuk Canros del Este di musim 2020. Dalam debut profesionalnya, dia dianugerahi penghargaan Best Sixth Man dalam kompetisi tersebut dan finis di posisi kedua dalam pemungutan suara untuk Rookie of The Year. Pada Oktober 2020, dia menandatangani kontrak dengan Sagrado Corazo Lithium Ibeca, klub dari Liga EBA Spanyol. Dia menyelesaikan musim 2020-21 sebagai pencetak gol terbanyak di seluruh kompetisi dengan rata-rata 28,2 poin dalam 18 pertandingan yang dia mainkan.

Sementara Francis berpartisipasi dengan timnas Republik Dominika di Centrobasket U-17 2011 di Gurabo, Puerto Rico . Dalam kompetisi tersebut, Francis menjadi pencetak gol terbanyak untuk tim dengan 16,8 poin per game, termasuk 7,6 rebound dan 3,2 assist dalam 30,6 menit per game. Selama musim 2019-20, dia bermain di liga pengembangan NBA yang lebih dikenal sebagai G-League di afiliasi Minnesota Timberwolves, Iowa Wolves, di mana dia mencetak rata-rata 2,7 poin dalam 8 menit dalam 20 pertandingan yang dimainkan.

Kini keduanya bermain di IBL Tokopedia 2023. Colome direkrut Dewa United menggantikan Ramon Galloway. Penampilan perdananya memukau, dengan mencetak 17 poin, enam rebound, satu assist, dan dua steal saat Dewa United menang atas Evos Thunder Bogor. Sedangkan Francis masih berstatus sebagai pencetak poin terbanyak di IBL musim ini dengan 25,3 point per game. Kedua pemain pernah tampil di liga yang sama, meski berbeda tim. 

Jangan lewatkan pertandingan antara Dewa United Banten melawan Prawira Harum Bandung di C-Tra Arena, Jumat (9/6), pukul 19.00 WIB. Laga ini juga disiarkan secara langsung di vidio.com. (*)

Baca Juga: Head-to-head: Yeison Yan Colome Vs. Brandone Francis

0 Comments