Hasil Screening Test Jelang Serie 2 Bandung


Jan 29, 2022

Setelah melewati seri pertama pada 15-22 Januari dengan zero case Covid-19, IBL Tokopedia 2022 melanjutkan seri kedua di C-Tra Arena Bandung 29 Januari-5 Februari tetap dengan terus upaya pelaksanaan protokol kesehatan ketat seperti yang dilakukan pada seri sebelumnya.

Semua yang terlibat dalam kompetisi mulai dari panitia, petugas pertandingan, wasit-wasit dan seluruh personil anggota tim-tim peserta IBL harus menjalani tes PCR sebelum memasuki gelembung. 

Proses tes PCR dilakukan sebelum keberangkatan, setelah mendapat hasil negatif baru diberikan clearance untuk memasuki area bubble yang telah dipersiapkan. Setibanya di lokasi bubble atau penginapan, seluruh personil kembali menjalani tes PCR dan setelah mendapatkan hasil baru setiap personil dapat menjalankan aktifitasnya.

Hasil tes screening sebelum memasuki area, sebagai berikut:

Klub Amartha Hangtuah, mendapatkan clearance dan memasuki area bubble.

Klub Bali United Basketball, mendapatkan clearance dan memasuki area bubble.

Klub DNA Bima Perkasa Jogjakarta, mendapatkan clearance dan memasuki area bubble.

Klub Bumi Borneo Pontianak, terdapat 1 personil yakni Agam Subastian Ramadhan dengan hasil positif dan tidak dapat memasuki area. Dan 21 personil lainnya mendapatkan clearance dan memasuki area bubble.

Klub Dewa United Surabaya mendapatkan clearance dan memasuki area bubble.

Klub Evos Thunder Bogor mendapatkan clearance dan memasuki area bubble.

Klub Indonesia Patriot terdapat 8 personil yakni : Serigne Modou, Ali Bagir Wayarabi Al Hadar, AA Gede Agung Bagus Parameswara, Victory Jacob Emilio Lobu, Aldy Izzatur, Ricky Gunawan, Jamin Matotoran & Renny Dwi Chandrawati dengan hasil positif dan tidak dapat memasuki area bubble.

Klub NSH Mountain Gold mendapatkan clearance dan memasuki area bubble.

Klub Pacific Caesar Surabaya mendapatkan clearance dan memasuki area bubble.

Klub Pelita Jaya Bakrie Jakarta mendapatkan clearance dan memasuki area bubble.

Klub Prawira Bandung mendapatkan clearance dan memasuki area bubble. 

Klub RANS PIK Basketball terdapat 1 personil yakni Rizky Julian dengan hasil positif dan tidak dapat memasuki area, dan 25 personil lainnya mendapatkan clearance dan memasuki area bubble.

Klub Satria Muda Pertamina Jakarta terdapa 1 personil yakni Abdurrahman dengan hasil positif dan tidak dapat memasuki area, dan 23 personil lainnya mendapatkan clearance dan memasuki area bubble.

Klub Satya Wacana Salatiga mendapatkan clearance dan memasuki area bubble.

Klub Tangerang Hawks mendapatkan clearance dan memasuki area bubble.

Klub West Bandits Combiphar Solo mendapatkan clearance dan memasuki area bubble.

“Adanya hasil tes tersebut diatas sebelum memasuki bubble menunjukkan proses screening yang dilakukan oleh IBL untuk memastikan penyelenggaraan dengan personil dengan kondisi sehat, sehingga bisa dilakukan pencegahan penyebaran potensi Covid-19” ujar Mohammad Andito sebagai Kasatgas penyelenggaraan.

Kemudian, untuk hasil tes PCR fase kedatangan di lokasi bubble tempat penginapan, dari 352 personil dan 15 klub yang telah tiba seluruhnya telah dinyatakan negatif.

Khusus klub Indonesia Patriot yang masih berada diluar bubble kondisi jumlah personil sebanyak 8 orang yang terdindikasi positif dari total personil 24 orang telah menjalankan prosedur selanjutnya dengan evakuasi dan assesment tahap berikutnya. Untuk personil lainnya dengan hasil negatif sebanyak 16 orang tetap dilakukan pengawasan secara khusus meski masih berada diluar area bubble IBL.

16 orang yang tersisa dari klub Indonesia Patriots masih harus mendapatkan clearance untuk memasuki bubble setelah menyerahkan hasil swab PCR negatif sebanyak 2x dengan interval pengambilan sampel 2x24 jam sesuai arahan tim ahli pendamping. Apabila terdapat penambahan personil yg terindikasi positif maka pertandingan perdana Indonesia Patriots di serie 2 Bandung melawan NSH Mountain Gold Timika pada Hari Minggu tanggal 30 Januari 2022 berpotensi ditunda untuk antisipasi terhadap penyebaran penularan.