Galank Gunawan Dekati Rekor 1.000 Rebound di IBL


Apr 07, 2021

Julukan "Si Raja Rebound" sudah lama disandang oleh Galank Gunawan yang kini bermain untuk Bank BPD DIY Bima Perkasa. Tapi setelah dia sempat tidak bermain di awal musim, Galank seperti kehilangan sinarnya. Justru di seri keempat IBL Pertamax 2021, Galank kembali tampil luar biasa. Bahkan setelah double-double di pertandingan kemarin, Galank sedang mendekati rekor baru di IBL.

Galank kemarin mencetak 15 poin dan 18 rebound dalam kemenangan 66-70 atas NSH Mountain Gold Timika. Pertandingan tersebut sangat penting untuk menjaga kans Bima Perkasa lolos Playoffs IBL Pertamax 2021. Dengan penampilan luar biasa dari Galank, tim asuhan David Singleton tersebut makin optimis bisa menjaga asa ke Playoffs.

"Kami berusaha all-out memberikan yang terbaik di lapangan. Kami harus berusaha memberi kontibusi ke tim untuk jaga peluang lolos Playoffs. Di pertandingan melawan NSH, kami diminta untuk defense bagus, sehingga lawan tidak bisa gampang mencetak poin, dan saat offense, kami harus lebih percaya diri," kata Galank setelah kemenangan penting terebut. 

Tetapi disamping kemenangan penting, Galank ternyata sudah mendekati catatan 1.000 rebound di IBL. Dengan tambahan 18 rebound kemarin, kini jumlah reboundnya menjadi 955 rebound. Galank butuh 45 rebound lagi agar dirinya bisa mencatatkan namanya sebagai peraih 1.000 rebound pertama di IBL. 

Musim ini Galank mencetak catatan statistik rata-rata 3,88 PPG, 7 RPG, dan 1 APG. Untuk mencapain 1000 rebound di sisa pertandingan reguler ini, Galank harus mengumpulkan rata-rata 16 rebound per laga. Seharusnya, dia bisa mencapai 1.000 rebound di sisa pertandingan musim reguler ini. (*)