Final SWBL Menegangkan, Elite Indonesia dan Sniper Thailand Bakal Jalani Game Ketiga


Oct 30, 2022

Gelaran SEA Women Basketball League (SWBL) Introduction Series memasuki fase yang menegangkan. Dalam dua pertandingan final yang mempertemukan Indonesia Elite dengan Sniper Thailand, berakhir imbang. Karena itu, kedua tim akan menjalani laga do-or-die, pada hari Senin, 31 Oktober 2022. 

Di game pertama yang berlangsung 29 Oktober 2022, Indonesia Elite mengamankan kemenangan atas Sniper Thailand dengan skor tipis 51-49. Adelaide Callista Wongsohardjo menjadi top score untuk Indoesia Elite dengan 12 poin, 7 rebound, dan 4 assist. Ledi jadi satu-satunya pemain Indonesia yang menceta double digit point. Dari Thailand, ada Rujiwan Bunsinprom dengan 14 poin. 

Pada pertemua kedua, 30 Oktober 2022, Sniper membalas kekalahan mereka. Kali ini, Amphawa Thuamon dan kawan-kawan menang dengan skor 63-59. Tiga pemain Thailand mencetak double digit point antara lain Rujiwan Bunsinprom (15 angka), Sasiporn Wongtapha (12 angka), dan Supira Klunbut (11 angka). 

Indonesia Elit memang berusaha untuk mengakhiri perlawanan Sniper, sekaligus merebut gelar juara. Namun apa daya, mereka yang unggul 17-14 di kuarter pertama, malah tertinggal 48-43 di akhir kuarter ketiga. Memasuki kuarter keempat, Indonesia berhasil memangkas margin 9 angka (52-61), hingga tersisa dua angka saja (59-61). Namun Indonesia kehabisan waktu. 

Ketegangan sempat terjadi di sisa 12 detik terakhir. Di mana Gabriel Sophia mendapatkan kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Namun upayanya memasukkan bola dari bawah ring gagal. Tak hanya sekali, bahkan dua kali Gabriel Sophia berusaha memasukkan bola tersebut. Sayangnya, usahanya gagal dan Thailand bisa mempertahankan keunggulan hingga waktu berakhir. 

Karena terlalu bersemangat untuk menyudahi perlawanan Thailand, membuat para pemain Indonesia ceroboh. Mereka melakukan 26 kali turnovers di pertandingan kedua ini. Tampaknya dengan catatan statistik yang ada, maka Indonesia Elite layak kalah hari ini. Meski begitu, mereka masih punya satu kesempatan untuk menjadi juara. Game ketiga Final SWBL Introduction Series akan digelar pada hari Senin, 31 Oktober 2022. (*)

 

Credit Photo: Trickysiswanto