Elite Indonesia Juara SWBL Introduction Series Setelah Kalahkan Sniper Thailand


Oct 31, 2022

Elite Indonesia berhasil keluar sebagai juara SEA Women Basketball League (SWBL) Introduction Series 2022. Mereka memenangkan laga ketiga final, dengan skor 65-56, yang berarti Elite unggul 2-1 di seri puncak, di GOR Kertajaya Surabaya, Senin (31/10) malam. Prestasi ini memberi kepercayaan diri untuk basket putri Indonesia, mengingat mereka merupakan tim yang disiapkan untuk mengikuti ajang internasional ke depan. 

Momentum kemenangan Indonesia sudah bisa dilihat sejak awal laga. Gabriel Sophia dan kawan-kawan langsung tancap gas dengan keunggulan 25-12 di kuarter pertama. Keunggulan tersebut terus dipertahankan Elite hingga akhir laga. Di kuarter keempat, mereka bisa menahan kebangkitan Sniper Thailand. 

Adelaide Callista Wonsohardjo yang jadi starter menyumbang poin terbanyak dengan 12 angka. Pemain yang akrab disapa Lady tersebut memasukkan 3 tembakan dari 11 attempt, termasuk 2 theee point dari 4 attempt. Sementara dari bangku cadangan, dua pemain sama-sama mencetak 11 angka. Mereka adalah Yuni Anggraeni dan Henny Sutjiono. Kali ini bench Elite Indonesia lebih produktif dengan menghasilkan 35 angka. 

Di sisi Sniper Thailand, dua pemain yang menyumbangkan double digit point adalah Thunchanok Lumdabpang dan Rujiwan Bunsinprom. Tim Elite Indonesia bisa menurunkan kontribusi pemain bench Thailand. Para pemain di bangku cadangan Sniper hanya mencetak 15 angka saja di pertandingan do-or-die tersebut. Salah satu kunci kemenangan tim Elite Indonesia adalah berhasil menurunkan jumlah turnovers. Di game ketiga ini, Indonesia hanya membuat 14 turnovers. Turun drastis dari pertandingan kedua kemarin. 

Kemenangan atas Thailand ini memberikan keyakinan bahwa tim basket putri Indonesia memang sudah siap dalam menghadapi pertandingan internasional. Karena sejatinya, mereka adalah tim nasional, yang tengah dipersiapkan untuk turnamen ke depan, seperti SEA Games. Semoga kemenangan tersebut melecut semangat mereka untuk lebih baik lagi. 

Selamat untuk tim Elite Indonesia yang menjadi juara SWBL Introduction Series 2022. (*)

 

Credit Photo :YOGA PRAKASITA/PERBASI