FIBA Luncurkan Logo FIBA World Cup 2023


Dec 05, 2020

Logo resmi Piala Dunia Bola Basket FIBA ??2023 telah resmi diperkenalkan pada hari Jumat 4 Desember 2020. Dalam penyelenggaraan kali ini FIBA meluncurkan tema yang segar pada logo yang akan secara resmi digunakan pada ajang yang mana Indonesia dipercaya sebagai salah satu dari tiga tuan rumah bersama.

Ada tiga elemen kunci yang menjadi konsep logo FIBA World Cup 2023 yang sudah diluncurkan pada Jumat, 4  Desember 2020. Yang mana peluncuran ini juga menjadi bagian dari kampanye FIBA  #Don'tMissABeat.

Tiga elemen kunci yang menjadi dasar dari lahirnya logo Piala Dunia Bola Basket kali ini adalah Hati, Trofi Naismith  dan tahun 2023.

Hati yang menyamping melambangkan semangat permainan, Trofi Naismith adalah impian semua tim partisipan FIBA World Cup dan angka 23 mewakili tahun saat kejuaraan ini berlangsung di tiga negara tuan rumah Filipina, Jepang dan Indonesia. 

FIBA World Cup 2023 dijadwalkan berlangsung 25 Agustus hingga 10 September 2023 pada tiga kota yakni Manila, Okinawa dan Jakarta. Fase grup akan berlangsung di tiga kota tersebut, sementara babak akhir digelar di Manila.

"Ini adalah pencapaian yang sangat menarik. Logo FIBA World Cup 2023 yang khas melambangkan kecintaan kami pada permainan seperti yang diyakini panitia penyelenggara dan FIBA, serta mewakili visi dan semangat acara yang menyatukan tiga negara untuk pertama kalinya," kata Sekjen FIBA, Andreas Zagklis. 

Ketua umum PP Perbasi Danny Kosasih juga menyambut gembira peluncuran logo FIBA World Cup 2023. "Ini adalah langkah pertama yang menarik dari banyak langkah berikutnya yang akan dilakukan tiga negara tuan rumah untuk FIBA dan penggemar bolabasket di seluruh dunia," kata Danny.

"Kami berharap pecinta basket seluruh dunia menjadi bagian dari acara luar biasa ini dengan berpartisipasi pada kampanye #Don'tMissABeat," sambungnya.

Kampanye #Don'tMissABeat bertujuan mendorong semua penggemar untuk bergembira dengan ketukan musik yang dialunkan bolabasket di saluran media sosial milik FIBA seperti kontes dribbling dan kegiatan lainnya. 

Pebasket dari Filipina, Jepang dan Indonesia akan menjadi bagian dari kampanye ini pada pekan mendatang.