Fernando Manansang, Pencuri Perhatian di PON yang Jadi Prospek Liga Musim Depan


Oct 05, 2021

Liga sudah merilis daftar peserta IBL Rookie Combine 2021. Banyak dari mereka yang sedang membela daerahnya di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Salah satu nama yang paling mencuri perhatian adalah Fernando Franco Manansang dari Sulawesi Utara (Sulut).

Performa Sulut terus menanjak sejak pertandingan pertama hingga mendekati akhir babak penyisihan cabang olahraga (cabor) bola basket 5x5 di PON. Sulut membungkus tiga kemenangan dari empat laga yang dijalani. Hingga berita ini diturunkan, Sulut masih belum tersentuh kekalahan. Salah satunya karena performa menawan Fernando. 

Nama Fernando melejit di kompetisi DBL. Dia dua kali masuk ke jajaran DBL All Star di tahun 2018 dan 2019. Fernando sendiri pernah terpilih sebagai MVP DBL Camp di tahun 2019. Ini berarti dia dinilai bagus oleh pelatih Australia yang jadi pembimbing di DBL Camp.

Catatannya di PON juga sangat bagus. Dalam dua pertandingan saja, Fernando sudah mengoleksi rata-rata 25,0 poin, 8,5 rebound, dan 1,5 assist per game. Bisa dipastikan bahwa catatan ini terus menanjak seiring performa Sulut yang gemilang.

Kehadiran Fernando di IBL Rookie Combine 2021 bisa jadi pilihan yang menarik bagi tim-tim yang berlaga di liga musim depan. Namun semua bergantung padanya. Karena dari 57 pemain muda yang masuk Rookie Combine, mereka juga bukan pemain sembarangan. Banyak juga pemain-pemain kunci di skuad daerahnya di PON Papua. (*)

 

 

Credit Foto: Hari Purwanto