Duel Antar Punggawa Timnas di Laga Pelita Jaya Kontra Patriots


Apr 08, 2021

Big Match di hari keempat IBL Pertamax 2021 Seri 4 akan mempertemukan Pelita Jaya Bakrie Jakarta melawan Indonesia Patriots. Pelita Jaya punya sederet nama pemain yang terakhir berstatus sebagai pemain Timnas Indonesia. Sementara Patriots notabene adalah Timnas Elite Muda yang dibentuk PP Perbasi untuk persiapan turnamen internasional di masa yang akan datang. Jadi boleh dibilang pertandingan kali ini menjadi duel antar punggawa Timnas Indonesia. 

Dalam catatan pertandingan kedua tim, Pelita Jaya pernah mengalahkan Patriots, 73-64, di IBL Pertamax 2020. Tapi itu tidak bisa jadi tolok ukur untuk pertandingan hari ini. Karena Patriots yang sekarang sangat berbeda dengan musim lalu. Patriots di IBL Pertamax 2020 yakni Timnas Senior yang sedang dipersiapkan untuk FIBA Asia Cup 2021. 

Kembali ke pertandingan ini, di pihak Pelita Jaya ada sederet nama pemain Timnas Indonesia. Sebut saja Andakara Prastawa Dhyaksa, Agassi Yeshe Goantara, Vincent Rivaldi Kosasih, hingga Govinda Julian Saputra. Tapi ada nama-nama yang pernah masuk Timnas Indonesia juga, seperti Reggie William Mononimbar dan M. Hardian Wicaksono. Jadi bisa dibilang kalau Pelita Jaya ini mayoritas berisi pemain Timnas Indonesia. 

Pelita Jaya bakal tampil lebih bugar. Mereka mendapatkan day-off selama dua hari sebelumnya. Jadi tidak ada alasan bagi tim asuhan Coach Octaviarro Romely Tamtelahitu untuk tidak tampil maksimal. Sementara, mereka juga sedang dalam tren yang bagus. Pelita Jaya sudah resmi lolos Playoffs IBL Pertamax 2021 sebagai peringkat pertama Divisi Merah dengan rekor 13-1. Mereka sudah pasti masuk semifinal. Jadi tidak ada beban lagi selain fokus meraih kemenangan. 

Dari sisi Patriots, mereka menang tiga kali dalam lima laga terakhir. Itu sudah termasuk mengalahkan Pacific Caesar Surabaya, 77-46, di laga kemarin siang. Tren Patriots juga sedang bagus. Sementara tim pelatih yang dipimpin Youbel Sondakh membuat strategi yang cukup menarik. Mereka mengistirahatkan beberapa pemain utama di laga melawan Pacific. Tentu saja tujuannya agar pemain utama seperti M. Arighi, Ali Bagir Alhadar, Kelvin Sanjaya, hingga Yudha Saputera dalam kondisi prima. 

Kalau melihat komposisi tim seperti ini, maka ini bagus buat Patriots. Mereka akan diuji oleh tim terkuat di IBL Pertamax musim ini. Jadi pertemuan kedua tim tidak boleh dilewatkan. 

IBL Fans, jangan lupa menyaksikan pertandingan Pelita Jaya Bakrie Jakarta melawan Indonesia Patriots di IBL TV, pukul 17.00 WIB. (*)