Dewa United dan Hangtuah Sengit Sejak Tip-off


Mar 27, 2022

Pertandingan terakhir dalam lanjutan IBL Tokopedia 2022 mempertemukan Dewa United Surabaya melawan Amartha Hangtuah Jakarta. Persaingan kedua tim sudah sengit sejak tip-off. Dewa United sempat unggul 9 angka (20-11). Namun Hangtuah bisa menurunkan margin hingga tersisa 3 angka (25-22).

Persaingan kedua tim ini memang seru. Pada leg pertama, 7 Maret lalu, Hangtuah menang tipis 68-66. Untuk itu, Dewa United berusaha untuk menyamakan head-to-head. Kali ini head coach Andika Supriadi Saputra menurunkan starting five berisi Wendha Wijaya, Dio Tirta Saputra, Xaverius Prawiro, pemain asing Emilio Dacre Parks, dan kapten tim Kaleb Ramot Gemilang. 

Dari Hangtuah, head coach AF Rinaldo menurunkan Kelly Purwanto, Firman Yohanes Situmorang, Fisyaiful Amir, pemain asing Anton Davon Waters Sr., dan kapten tim Gunawan. Di posisi klasemen sementara Divisi Putih, Hangtuah ada di bawah Dewa United dengan selisih satu kemenangan. Hangtuah mengumpulkan 10 kemenangan dari 19 game. 

Dewa United tampaknya tak ingin kecolongan lagi. Mereka langsung menggempur pertahanan Hangtuah hingga mencetak keunggulan 9 angka. Tapi tiba-tiba field goals mereka turun, di menit-menit akhir. Hangtuah bisa menipiskan margin hingga tersisa 3 angka saja saat kuarter pertama ditutup. Dewa United unggul 25-22 atas Hangtuah. 

Pertandingan di kuarter pertama cukup menari. Dari Dewa United hanya starter yang mencetak poin sampai di sisa satu menit terakhir. Poin Dewa United ditutup oleh David Seagers, yang memulai laga dari bench. Sementara dari Hangtuah, selama kuarter pertama, dua pemain starter yang mencetak poin cukup banyak, yakni Anton Waters dan Kelly Purwanto. (*)