Coach Toro Siapkan Sistem Buat Bowles


Sep 17, 2019

Coach Rajko Toroman telah menyiapkan berbagai sistem permainan bagi tim nasional bola basket putra Indonesia. “Nanti akan kami sisipkan dimana dan bagaimana peranan Denzel Bowles dalam sistem permainan ini,” kata Coach Toro. Bowles adalah calon pemain naturalisasi asal Amerika Serikat. Dia sudah hadir di Indonesia sejak Kamis lalu, tetapi baru berlatih bersama timnas mulai Senin (16/9) ini di Britama Arena Mahaka Square Kelapa Gading Jakarta.

Latihan dipindah dari GBK Arena ke Britama Arena karena lapangan bola basket GBK Arena dinilai terlalu keras dan tidak nyaman buat para pemain. 

“Biar Denzel recovery dulu, sambil mempelajari sistem permainan yang saya inginkan. Tak mudah mempelajari bermacam sistem permainan,” kata Toro.

Selain Bowles juga hadir dalam latihan adalah Brandon Jawato. Jawato juga belum full mengikuti latihan saat sesi di GBK Arena, Kamis lalu. “Saya gembira dengan adanya Denzel dan Jawato. Mereka adalah pemain bagus,” katanya.

Coach Toro akan menyeleksi pemain timnas untuk berlaga pada sebuah turnamen di Taiwan, 23 September nanti. Sepulang dari Taiwan, timnas akan kembali mengikuti turnamen Piala Raja di Yogyakarta dan kemudian berlatih dan beruji tanding di Serbia.

“Setelah dari Serbia kemungkinan akan kami tentukan pemain inti yang akan dibawa ke SEA Games Manila 2019,” jelas Toro. SEA Games Manila akan berlangsung 30 November hingga 11 Desember 2019. Di bulan Februari timnas Indonesia akan memulai perjuangan di FIBA Asia 2021 Qualifier dimana Indonesia berada satu grup dengan Korea Selatan, Filipina dan Thailand. Pertandingan FIBA Asia 2021 Qualifier juga akan berlangsung di Britama Arena Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta Utara.