Cetak Dua Angka di Kuarter Pertama, Hangtuah Akhirnya Menang dengan Selisih Tiga Angka


Mar 21, 2022

Luar biasa Amartha Hangtuah. Setelah tak berdaya pada kuarter pertama, mereka tak kenal lelah bertarung, mengejar ketinggalan dan meraih kemenangan atas Evos Thunder Bogor 53-50 pada lanjutan Kompetisi IBL Tokopedia 2022 di Gedung basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin 21 Maret.

Terseok pada kuarter awal, tertinggal sepuluh angka, 2-12. Hangtuah mencoba bangkit pada kuarter kedua. Kelly Purwanto dkk mampu mencetak 13 angka pada kuarter kedua, namun Evos masih lebih unggul dengan mengemas 16 poin. Babak pertama Hangtuah masih tertinggal 13 piin, 15-28.

Kebangkitan pasukan asuhan Antonius Ferry Rinaldo makin nyata pada kuarter ketiga. Diawali dua free throw Amaludin Ragol, disusul jump shot dua angka Laqavious Kashaka Cotton dan tembakan tiga angka Stevan Wilfredo Neno mereka mendekatkan selisih, 22-30. Diselingi angka Tri Hartanto untuk Evos, Cotton, Stefan Carsera, Neno dan Anton Waters membalikkan keunggulan untuk Hangtuah 33-32. Kamaroko Cisse mengembalikan keunggulan untuk Evos, tetapi masing-masing satu free throw Waters dan Gunawan menjadikan Hangtuah unggul usai kuarter ketiga, 35-34. 

Makin percaya diri menatao kuarter keempat, tiga tembakan tiga angka Neno dan lay up Kelly menjauhkan selisih poin, Hangtuah memimpin 46-39. M. Yassier Rahmat dan Jaywuan Hill mendekatkan selisih tinggal tiga poin, three points play dan dua free throw Cotton kembali menjauhkan, 51-43. 

Three points Daniel Wenas dibalas dua angka Gunawan, tambahan poin dari Wenas dan Cisse hanya memperkecil kekalahan Evos. Hangtuah menang dengan selisih tiga angka, 53-50.

Neno mencetak 15 angka yang semua dihasilkan dari tembakan tiga angka. Cotton mencatat 14 poin, Waters memenangkan 12 rebound plus tujuh poin. 

Hill membuat 18 angka buat Evos, Wenas menyumbang 11 poin, tujuh rebound dan lima assist. 

Turn over juga menjadi masalah bagi Evos yang dalam pertandingan ini mencatat 21 kali turn over sementara Hangtuah hanya melakukannya sebanyak 11 kali. 21 kesalahan Evos harus dibayar dengan 14 angka yang dihasilkan Hangtuah, sementara Evos hanya memperoleh sembilan poin dari turn over pemain Hangtuah.