Bursa Transfer Pemain Makin Ramai di Bulan Oktober 2022


Oct 18, 2022

Setelah gelaran IBL Draft 2022 untuk Foreign Players dan Rookie, terjadi pergerakan pasar yang besar di bursa transfer pemain. Ini menarik, karena bakal berpengaruh pada peta kekuatan tim di IBL musim 2023 nanti. Prediksi pindahnya pemain juga sudah beredar, meski masih menunggu kepastian dari masing-masing tim. 

Kalau melihat dari akun-akun media sosial tim, beberapa dari mereka sudah mengucapkan perpisahan untuk pemain. Sebut saja Pelita Jaya sudah melepas Katon Adjie Baskoro, Prawira Bandung juga mengucapkan perpisahan untuk Diftha Pratama, lalu Nuke Tri Saputra juga sudah berpamitan dengan RANS PIK Basketball. 

Namun ada pula tim-tim yang sudah memperkenalkan pemain baru, seperti Satria Muda yang mendapatkan Widyanta Putra Teja, lalu Rizal Falconi yang diperkenalkan sebagai pemain baru West Bandits. Kabar-kabar ini semakin membuat hidup suasana offseason tahun ini. 

"Semaraknya bursa transfer menunjukkan keseriusan tim-tim mempersiapkan diri.  Mereka telah melakukan evaluasi memperbaiki kekurangan pada setiap posisi," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah. 

"Para pemain dengan status free agent juga diketahui memiliki kualitas  juga akan menjadi pilihan bagus bagi klub klub yang membutuhkan potensi mereka," sambungnya.

Faktanya ada beberapa pemain yang kontraknya sudah habis dengan klub lamanya. Seperti Sevly Rondonuwu, Jason Cristhoufer, Vincent Sanjaya, Calvin Chrissler, Andreas Cristian Vieri, Argus Sanyudy, Darren Benaya, Yurifan Hosen, Christian Gunawan, Galank Gunawan, dan masih banyak lagi. 

Setelah mengetahui banyaknya pemain yang habis kontrak, tentu yang mengikuti setelahnya adalah prediksi tim yang menjadi tujuan mereka. Kabar-kabar perpindahan pemain terus bermunculan. Namun pada akhirnya, klub sendiri yang akan mengumumkan kepastian tersebut. Proses ini semakin membuat liga lebih hidup. 

Tim-tim terus bergerak untuk memperbaiki roster mereka. Baik dengan cara trade (pertukaran pemain), atau mengambil pemain yang sudah habis kontrak dengan klub lamanya, atau ada pula yang mengambil pemain Restricted Free Agent dan free agent. Semua tim terus bergerak, setidaknya sampai penyelenggaraan Piala Indonesia 2022, di Solo. (Taf)