News Event

Bumi Borneo Melepas Yanto

12 October 2023
|

Bumi Borneo Basketball Pontianak kembali melepas pemain. Kali ini ada pemain tahun kedua, yang mereka ambil dari Draft IBL. Pemain tersebut bernama Yanto. Dia termasuk pemain-pemain generasi pertama Bumi Borneo. 

Yanto dipilih oleh Bumi Borneo dari Draft IBL 2021 putaran kedua. Saat itu, tidak banyak tim yang memilih di putaran kedua, hanya empat tim. Pacific Caesar Surabaya memilih Christian Yudha, Evos Thunder Bogor memilih M. Yassier Rahmat, Tangerang Hawks Basketball memilih Putra Wijaya, dan Bumi Borneo memilih Yanto. 

Pada musim pertamanya di IBL, Yanto dimainkan sebanyak tujuh pertandingan dengan rata-rata menit bermain sebanyak 7,6 menit per game. Dia menyambut kepercayaan head coach Tondi Raja Syailendra dengan kontribusi 1,9 ppg dan 1 rpg. Kemudian di IBL Tokopedia 2023, Yanto bermain 15 pertandingan dengan rincian 13 kali di regular season dan dua kali playoffs. Yanto mencetak 1,1 ppg dengan 6,4 menit per game. 

Namun perlu dicatat bahwa Yanto punya keberanian yang luar biasa ketika diturunkan pada babak playoffs. Sebab pada playoffs pertamanya, Bumi Borneo harus menghadapi Prawira Harum Bandung, yang akhirnya menjadi juara. Yanto sempat bermain selama hampir tujuh menit di laga tersebut dengan mencetak lima poin. Jadi secara mental, Yanto juga siap menghadapi laga-laga krusial.

Sekadar informasi kalau musim depan tidak akan ada lagi sistem Draft Rookie di IBL. Tetapi klub-klub sendiri yang harus mencari pemain, dengan mekanisme yang sudah ditetapkan liga. Hal ini akan mendorong untuk putra-putra daerah berkesempatan membela tim daerah asalnya. (*)

Baca Juga: Bumi Borneo Jinakkan Satya Wacana

0 Comments