News News

Kolaborasi Wasit Lokal dan Asing Berlisensi FIBA di Playoffs IBL

10 July 2024
|

Playoffs IBL Tokopedia 2024 akan dimulai pekan depan. Sebagai salah satu persiapan, liga melakukan penguatan dari sisi pengadil lapangan. Akan ada tiga wasit dari luar negeri yang ikut ambil bagian dalam pelaksanaan playoffs tahun ini. 

IBL bekerja sama dengan PP Perbasi berupaya menghadirkan wasit asing dengan lisensi FIBA. Akhirnya pihak FIBA Asia merekomendasikan Lima nama yang akan diturunkan di IBL Playoffs, hingga babak final. Mereka adalah Mohamed Hasan Salman Alsalam (Bahrain), Urushima Daigo (Jepang), Preeda Muongmee (Thailand), Sun Jian (China) dan Zein Wissam (Syiria). Selain itu, nantinya ada juga koordinator wasit Wong Chung Min (Malaysia), yang akan bertugas membantu review keputusan-keputusan yang diambil wasit dalam setiap pertandingan.

Mereka akan berkolaborasi dengan wasit-wasit Indonesia yang juga berlisensi FIBA, seperti Harja Jaladri, Budi Marfan, Haryanto Sutaryo, Rendi Putera Dwiantino, Rendra Lesmana. 

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah berharap kehadiran wasit asing di IBL bisa sekaligus menjadi ajang pertukaran ilmu bagi wasit-wasit lokal. 

"Selain itu juga membuka hubungan dengan harapan kelak wasit kita juga akan dipercaya memimpin pertandingan-pertandingan kompetisi negara lain," ujarnya.

Babak playoffs memang sangat krusial. Tim-tim juga berusaha mati-matian untuk memperebutkan gelar juara, yang semakin dekat dengan mereka. Dibutuhkan wasit yang punya kompetensi, serta mampu mengambil keputusan yang cepat dan tepat, agar tidak menimbulkan perdebatan di kemudian hari. Sementara itu, keputusan wasit yang cepat, bisa membuat pertandingan berjalan lancar.

Playoffs IBL Tokopedia 2024 akan berlangsung mulai 11 Juli mendatang. Delapan tim yang sudah dipastikan lolos adalah Dewa United Banten, Pelita Jaya Jakarta, Kesatria Bengawan Solo, Prawira Harum Bandung, Satria Muda Pertamina Jakarta, RANS Simba Bogor, Bali United Basketball, dan Borneo Hornbills.

Baca Juga: Wasit Asal Filipina Pimpin Final IBL

0 Comments