Bumi Borneo Jinakkan Satya Wacana


Mar 15, 2022

Bumi Borneo Basketball Pontianak meraih kemenangan ketiga beruntun pada lanjutan Kompetisi IBL Tokopedia 2022 di Gedung Basket Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta. Setelah sebelumnya sukses menundukkan Indonesia Patriots (51-43) dan West Bandits Combiphar Solo (84-71), Raymond Shariputra dkk juga berhasil mengalahkan Satya Wacana Salatiga, 88-78, Selasa 15 Maret.

Randy Bell menjadi pencetak angka terbanyak bagi Bumi Borneo dengan torehan 26 poin. Austin Mofunanya menyusul dengan 21 angka. Di kubu Satya Wacana, Tyree Robinson mencatat double-double dengan raihan 30 angka dan 13 rebound. Joshua Davenport mengemas 13 angka.

Sejak kuarter pertama laga berjalan seru. Arion Tio membuka tiga angka bagi Bumi Borneo. Dibalas dengan tiga angka juga oleh Febrianus Gregory Khiandio. Tyree Robinson membuat Satya Wacana unggul, namun poin dari Vincent Sanjaya dan Arion membuat Bumi Borneo berbalik memimpin. Alexander Franklyn menyamakan kedudukan. Mofunanya dan Robinson berbalas dua angka memnjadikan lima menit pertama kedudukan imbang 9-9. 

Jump shot Vincent dibalas dua lemparan bebas Robinson. Lay up Franklyn juga dijawab dengan lay up oleh Mofunanya. Satu free thow Khiandio direspon dua angka dari Vincent. Three points Franklyn membuat The Saints memimpin, tetapi segera disamakan oleh dua angka dari Julius Caesar Wongso. Borneo memetik keunggulan lewat dua free throw Bell dan tembakan tiga angka AA Ngurah Wisnu Budidharma Saputra. Bumi Borneo menutup kuarter pertama dengan keunggulan lima angka, 22-17.

Davenport mengawali kuarter kedua dengan dua angka, Bell membalasnya. Lima menit awal kuarter kedua, Bumi Borneo masih mempertahankan keunggulan lima angka ketika Bell memasukkan bola lewat lay up. Davenport memperpendek jarak. Satu free throw Bell dijawab dengan dua angka dari Robinson. Lay up Bell dibalas three points Khiandio. Lay up Vincent juga direspon dengan dua angka dari Robinson. 

Satya Wacana berbalik unggul saat Khiandio melesakkan tiga angka, 35-33. Mofunanya kembali membuat Bumi Borneo memimpin lewat three points play dan Agam Subastian mampu mencuri bola dari Robinson dan mencetak angka di akhir kuarter kedua, Bumi Borneo memimpin pada babak pertama 38-35.

Three points play Robinson diawal babak kedua menyamakan kedudukan. Mofunanya membuat Bumi Borneo kembali berada di depan, 42-39. Franklyn menipiskan, dunk Robinson menjadikan The Saints memimpin satu angka. Leo Agus mencetak poin bagi Borneo, Robinson dengan dua free throw. Mofunanya dan Agam berhasil mengembalikan kepemimpinan poin ke tangan Borneo. Lima menit awal babak kedua, Borneo unggul 48-45. Kuarter ini akhirnya ditutup dengan selisih empat angka buat Borneo, 60-56.

Borneo terus menjaga jarak pada kuarter keempat walau Satya Wacana sempat mendekat. Lima menit akhir pertandingan mereka memimpin 70-65. Mofunaya dan Irwanto berbalas dua poin. Mofunanya, Agam dan Rilo Kumara kemudian menjauhkan marjin 77-67 saat waktu tersisa di bawah dua menit. 

Dua kali lay up Robinson memangkas jarak hingga hanya tersisa enam angka. Dua kali jump shot dibalas dua angka dari Franklyn. Rilo, Mofunanya dan Agam kemudian memastikan kemenangan Bumi Borneo, 88-78.