Bintang Muda IBL Ramaikan Persaingan PON Papua


Jul 09, 2021

Kalau kita mengingat kembali, banyak bintang-bintang IBL yang sekarang bersinar, dulu pernah membela provinsinya masing-masing di ajang Pekan Olahraga Nasional. Tapi kali ini berbalik, bintang-bintang muda yang bersinar di IBL Pertamax 2021, bakal meramaikan gelaran PON XX/2021 di Papua nanti.

Sekedar mengingat kembali, kalau pada tahun 2016, atau penyelenggaraan PON XIX di Jawa Barat, tim yang menjadi juaranya untuk kategori putra adalah Jawa Barat. Mereka mengalahkan Jawa Timur di partai final. Tapi kalau mau lebih jeli melihat, di PON 2016 tersebut sudah terselip nama-nama yang bakal bersinar di liga profesional. Sebut saja kala itu ada Vincent Rivaldi Kosasih, Abraham Damar Grahita, Juan Laurent Kokodiputra, Lutfie Eka Koswara, Henry Lakay, dan masih banyak lagi.

Setelah gelaran PON 2016, mereka melangkahkan kakinya ke jenjang profesional, yang saat itu sudah berubah menjadi IBL. Abraham Damar Grahita malah kini sukses menjadi pemain terbaik (MVP) di tahun 2020 lalu. 

Tapi tren kali ini berbeda. Dalam gelaran PON nanti, ternyata bakal diramaikan bintang-bintang muda dari IBL. Tentunya akan menambah keseruan pesta olahraga antar-provinsi tersebut di Papua nanti. Sebut saja di Bangka Belitung ada pemain muda berbakat yang dimiliki Satya Wacana Saints Salatiga seperti Antoni Erga, Alexander Franklyn dan beberapa nama lainnya.

Di Jawa Tengah juga tak kalah bagus. Mereka punya Samuel Devin Susanto yang menjadi Rookie of the Year IBL Pertamax 2021. Kemudian ada Bryan Elang Praditya milik Satya Wacana, lalu Tifan Eka Pradita, rekan Samuel Devin di KAI Bima Perkasa, Mario Davidson yang tergabung di Indonesia Patriots, dan Ramdhan Yudha Yuwana yang musim lalu memperkuat Pacific Caesar Surabaya. 

Itu hanya contoh dua daerah yang punya amunisi pemain-pemain muda terbaik di IBL. Kita tahu bahwa PON merupakan ajang dengan batasan usia 23 tahun. Jadi wajar kalau mereka masuk. Tentunya daerah-daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat, pasti punya pemain yang berkiprah di IBL. Sebab, IBL memang menerapkan pemerataan klub. Sehingga tidak heran kalau muncul bakat-bakat baru dari daerah, dan tidak melulu dari kota-kota besar saja. 

PON Papua sendiri dijadwalkan berlangsung pada Oktober 2021 mendatang. Untuk cabang olahraga basket dan 3x3 akan digelar di Mimika. (*)