Bintang-bintang IBL dalam Roster Timnas Basket Putra Indonesia untuk SEA Games 2022


May 12, 2022

Akhirnya yang ditunggu-tunggu telah tiba. Roster Timnas Basket Putra Indonesia untuk SEA Games 2022 di Hanoi, Vietnam dirilis. Tim yang dipimpin oleh head coach Milos Pejic tersebut menggabungkan senior dan junior. Ini memang sudah dinanti-nanti oleh pecinta basket Indonesia. Mayoritas mereka adalah bintang-bintang utama di klub masing-masing pada IBL Tokopedia 2022. 

Harapan publik basket Indonesia bahwa pemain-pemain berbakat juga masuk roster timnas. Kali ini dijawab oleh coach Milos Pejic dengan memasukkan beberapa pemain muda dalam daftar pemain yang dibawa terbang ke Hanoi. Mereka adalah pemain-pemain yang sedang naik daun di liga. Sebut saja Yudha Saputera dari Prawira Bandung serta Dame Diagne yang sudah dua musim bersama Indonesia Patriots tampil di liga. Keduanya merupakan pemain muda yang disiapkan untuk peningkatan prestasi bola basket Indonesia jelang FIBA World Cup 2023. 

Selain mereka berdua ada bintang-bintang liga. Tiga pemain dari Satria Muda Pertamina Jakarta yakni Arki Dikania Wisnu, Hardianus Lakudu, dan Juan Laurent Kokodiputra. Prawira Bandung sendiri juga masih punya wakil di timnas selain Yudha, dan pemain tersebut adalah Abraham Damar Grahita. Dari Pelita Jaya Bakrie Jakarta, ada Andakara Prastawa Dhyaksa. Lalu ada pula nama Agashi Yeshe Goantara, pemain yang pernah menjadi punggawa Pelita Jaya di musim 2021. 

Tiga nama di luar liga juga menarik untuk disaksikan. Mereka adalah Brandon van Dorn Jawato, Derrick Michael Xavierro, dan Marques Bolden. Jawato jelas sudah dikenal publik, bahkan dia pernah bermain di IBL bersama Pelita Jaya (2016) dan Indonesia Patriots (2020). Jawato juga punya fan base yang kuat di Indonesia, meski akhir-akhir ini dia mencoba peruntungan di liga Jepang. 

Derrick Michael disebut-sebut sebagai pemain masa depan Indonesia. Dia kini sedang menjalani studi di Amerika Serikat. Tentu saja, Derrick akan bermain di NCAA bersama tim GCU. Derrick sendiri merupakan pemain Indonesia yang ikut program NBA Academy. Lalu yang terakhir ada Marques Bolden. Pemain naturalisasi Indonesia yang pernah tampil di NBA G-League hingga sempat mendapatkan kontrak dengan tim NBA. Bolden akan tampil membela Indonesia untuk pertama kalinya di SEA Games nanti.   

 

Credit foto : Ariya Kurniawan