News Event

BCL Asia 2024: Prawira Bungkam HK Eastern

23 April 2024
|

Prawira Harum Bandung memenangkan pertandingan pertamanya di Ronde 2 Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 Qualifiers. Bertanding di Britama Arena, Jakarta, Prawira membungkam Hong Kong Eastern Basketball Team dengan skor akhir 53-50, pada Selasa malam (23/4). Prawira kini menyusul Pelita Jaya Basketball yang sebelumnya juga meraih kemenangan. 

Prawira mendapatkan lawan yang tangguh kali ini. Sebab HK Eastern berstatus juara Grup A pada Ronde 1. Namun berkat permainan bertahan yang bagus, Prawira bisa mengimbangi permainan lawan. Mereka tertinggal 26-33 saat turun minum. 

Situasi sulit dihadapi Prawira ketika di awal kuarter ketiga, mereka harus kehilangan Brandone Francis. Pemain asing andalan Prawira tersebut dikeluarkan dari permainan (ejected) karena melakukan pelanggaran berat. Sementara keluarnya Francis justru membuat Prawira semakin agresif. Mereka berhasil mengurung HK Eastern hanya mencetak lima angka saja selama kuarter ketiga. 

Di sisa empat menit kuarter ketiga, Prawira mendapatkan momentum setelah Indra Muhammad mencetak three point. Sejak saat itu, Prawira mampu mempertahankan keunggulannya. Meski di pertengahan kuarter keempat, Prawira kembali struggle. Tapi sebuah steal dari James Gist III, yang diselesaikan oleh Indra Muhammad memberikan Prawira keunggulan 50-43. 

Di sisa 37 detik, HK Eastern hampir saja merebut kemenangan Prawira. Chris Mclaughlin mencetak poin dengan layup, memanfaatkan assist dari Dominic Gilbert. HK Eastern hanya berjarak satu bola dari Prawira (50-52). Prawira akhirnya bisa menambah satu poin melalui free throw Yudha Saputera, untuk mengunci kemenangan di laga pertama Ronde 2 ini. 

Prawira sebenarnya bermain di bawah performa mereka. Anak asuh head coach David Singleton tersebut hanya memasukkan 20 tembakan dari 63 attempt. Beruntung ada Antonio Hester yang mampu mendulang 19 poin dan 15 rebound. Disusul performa menawan James Gist III dengan kontribusi 13 rebound dan sembilan poin. Sebaliknya dari kubu HK Eastern, Mclaughlin mencetak 17 poin dan 10 rebound, disusul Yiu Pong Yip dengan kontribusi 12 poin. 

Prawira sekarang menyusul Pelita Jaya dengan rekor 1-0. Prawira ada di peringkat kedua karena Pelita Jaya lebih unggul selisih poin. Besok, Rabu (24/4), Prawira akan berhadapan dengan Pelita Jaya untuk memperebutkan puncak klasemen Ronde 2. (*)

Baca Juga: Prawira dan Pelita Jaya Wakil Indonesia di BCL Asia 2024

0 Comments