Bangkit di Playoffs, Satria Muda Juara IBL Gojek 3x3 Seri Surakarta


Sep 25, 2022

Meski berstatus sebagai runner-up Pool A, Satria Muda Pertamina Jakarta tampil luar biasa di babak Playoffs IBL Gojek 3x3 Indonesia Tour 2022 Seri Surakarta, Minggu (25/9) sore. SM berhasil sapu bersih mulai babak perempat final sampai final. Sehingga mereka mengamankan gelar juara ketiga, dalam empat seri turnamen ini. 

Di babak pertempat final, SM menang 21-20 atas Bali  United Basketball. Laga ini berlangsung sengit, namun SM yang akurasi tembakannya lebih bagus, bisa mengakhiri pertandingan ini dengan keunggulan mutlak. Di semifinal, mereka bertemu Bima Perkasa Jogja. Kedua tim sudah dua kali bertemu di babak final pada seri-seri sebelumnya. Bima Perkasa masih belum bisa menjawab tantangan SM, sehingga mereka kalah 14-20. Sedangkan SM, melaju ke babak final. 

Kali ini Bumi Borneo Pontianak juga tampil bagus. Mereka sampai ke final setelah mengalahkan Dewa United Surabaya (19-11) di babak perempat final, lalu Satya Wacana Salatiga (14-12) di babak semifinal. Dengan hasil tersebut, maka Bumi Borneo menantang SM di partai puncak. 

SM kali ini menurunkan Argus Sanyudy, M. Rizal Falconi, Avan Seputra, dan M. Sandy Aziz di bangku cadangan. Kemudian Bumi Borneo diperkuat oleh Arion Tio Pandapotan, Raymond Shariputra, Rillo Agum Kumara, Stevan Orlando. Saat laga berjalan tiga menit, SM sudah unggul 6-3 karena keperkasaan Argus di paint area. Namun Bumi Borneo terus membuntuti SM, hingga tiga menit terakhir. 

SM mendapatkan momentum kemenangan dengan dua kali tembakan dua angka. Kemudian di sisa 26 detik terakhir, mereka unggul empat angka (17-13) sebelum akhirnya free throw Avan Seputra memenangkan SM dengan skor 19-13. Ini menjadi gelar juara ketiga SM dalam empat seri IBL Gojek 3x3 Indonesia Tour 2022. Selanjutnya, seri kelima akan berlangsung di Tangerang. (*)