IBL Gojek 3X3 Dimulai di Bali Akhir Pekan Ini, Aktivitas IBL Mendekat Pada Penggemar


Sep 02, 2022

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsjah gembira IBL Gojek 3X3 kembali terlaksana, setelah vakum dua tahun akibat pandemi Covid-19. IBL 3X3 terakhir diselenggarakan pada tahun 2019.

“Tahun 2020 kita terpaksa berhenti karena pandemi. Tahun 2021 Kompetisi IBL bisa bergulir dan tuntas tanpa penonton, tetapi kita tidak bisa melakukannya pada 3X3 sebab konsep dan sifat 3X3 berbeda dengan basket 5 on 5,” kata Junas.

“Pada 3X3 kita yang mendekatkan diri pada penonton. Penggemar pun bisa langsung melihat dari dekat tanpa perlu ribet memesan tiket dan sebagainya, cukup datang di arena pertandingan dan melihat dari dekat para pemain bertanding,” sambungnya.

IBL Gojek 3X3 diawali di Discovery Beach Mall Kuta di Pulau Bali, 3-4 September 2022, dilanjutkan dengan seri kedua di Sleman City Hall Yogyakarta, 10-11 September. Seri ketiga berlangsung di Kota Pahlawan Surabaya, tepat di Super Mall Pakuwon City pada 17-18 September dan seri keempat di Bogor pada 24-25 September. Babak play off akan digelar di BX Hoops-Bintari Jaya Xchange Mall, Tangerang Selatan pada 1-2 Oktober. “Juara nasional di babak play offs akan kami kirim dan fasilitasi untuk bertanding di seri dunia 3X3 di Hong Kong,” jelas Junas.

Untuk seri pertama, penentuan unggulan dilakukan dengan menghitung akumulasi peringkat di FIBA 3X3. “Setiap pemain yang pernah bertanding pada turnamen 3X3 pasti akan memiliki nilai. Perhitungan akumulasi nilai masing-masing tim akan menjadi penentu unggulan saat seri pertama di Bali. Empat tim dengan akumulasi nilai FIBA 3X3 terbanyak grupnya akan kita pisah, sementara tim lainnya akan kita undi,” tuturnya.

Untuk seri-seri berikutnya, penentuan unggulan tersebut akan diambil dari nilai yang mereka kumpulkan pada seri-seri sebelumnya. “Seri di Sleman, seeded akan ditentukan dari hasil seri pertama di Bali. Seri ketiga berdasarkan pada akumulasi nilai tim pada dua seri sebelumnya, begitu pula seri keempat berdasarkan pengumpulan nilai tim setelah bertanding pada tiga seri,” jelas Junas. Delapan tim terbaik berdasarkan empat seri yang berlangsung akan maj ke babak play offs di Bintaro 1-2 Oktober.

Selain kategori Elite IBL, IBL Gojek 3X3 juga membuka kesempatan untuk umum pada kategori lainnya. Ada kategori Open Men  dengan persyaratan pemain berusia minimal 18 tahun, begitu pula dengan kategori Open Women, sementara untuk menjaring bakat-bakat muda, para pemain muda akan bersaing pada kategori U18 Boys dengan persyaratan pemain berusia maksimal 18 tahun.

Masing-masing tim IBL boleh mendaftarkan enam pemain, tetapi yang bermain pada setiap seri hanya empat pemain. “3X3 ini sangat seru, siapa pun bisa mengalahkan tim manapun. Ini ajang para pemain untuk eksplor skill individu,” pungkas Junas.