News Press Release

Peninjauan Selesai, Agassi Perlu Menunggu untuk Kembali ke Lapangan

21 June 2023
|

Agassi tak membela Pelita Jaya Bakrie Jakarta sejak seri pertama IBL 2023 lantaran harus menyelesaikan studi di Spanyol.  Melalui program persiapan Tim Nasional, Agassi merupakan satu di antara pemain yang diproyeksikan untuk memperkuat tim nasional basket  Indonesia di berbagai kejuaraan Internasional termasuk Pre-Olympic Qualifying Tournament, Asian Games, FIBA Asia Cup Qualifiers.  

Keikutsertaan Agassi pada kompetisi di Spanyol adalah untuk menjaga performa dan kondisi selama melanjutkan studi di Spanyol, atas arahan dari tim pelatih nasional. 

Untuk memenuhi program tersebut, Agassi bermain untuk klub A.D Infante di Liga EBA (Liga basket kasta ke-empat di Spanish basketball league system) pada bulan November 2022 - April 2023. Tim tersebut berstatus amatir dan Agassi tak memiliki keterikatan kerja.

Nama Agassi sudah didaftarkan Pelita Jaya Bakrie Jakarta sejak awal musim. Namanya tercatat dalam daftar roster yang diserahkan ke IBL.

Namun berdasarkan peraturan IBL Bab III Pasal 22 ayat 4 poin 4.1, pemain yang terdaftar di IBL tidak dapat bermain pada dua kompetisi pada musim yang sama. Dengan bermainnya Agassi pada pertandingan melawan Bima Perkasa Jogja, maka Agassi terkena pasal yang berbunyi, “Personel Klub IBL yang melanggar BAB III Pasal 5 ayat 3 mengenai  pemain yang terdaftar resmi sebagai peserta Kegiatan IBL hanya dapat mengikuti satu jenis kompetisi per musim, maka akan dikenakan sanksi larangan bermain minimal 5 pertandingan."

Tim kode etik IBL diketuai Hasan Gozali yang beranggotakan Charles Bronson, Ariel Binafsihi (PP Perbasi), Mario  Gerungan (Asosiasi Pemain Basket Profesional Indonesia), Muhammad Andito (IBL) sudah melakukan proses peninjauan ulang atas status pemain yang bersangkutan.

 Tim Kode Etik pada tanggal 19 Juni 2023  Telah melakukan investigasi terhadap pihak pihak terkait dan telah meminta keterangan dari Agassi Yeshe Goantara dan  dihadiri juga perwakilan dariTim Pelita Jaya

Berdasarkan hasil pemeriksaan dan peninjauan terserbut memberikan rekomendasi keputusan dimana agassi di nyatakan tidak dapat bermain bersama pelita jaya bakrie jakarta sebanyak 5 pertandingan . Sanksi tersebut mulai berlaku pada laga Pelita Jaya Bakrie Jakarta melawan West Bandits Solo, Selasa (20/6).

Baca Juga: Proses investigasi, Status Agassi Menepi Sementara

0 Comments