News Event

Bali United Lolos Playoffs di Musim Ketiga

24 June 2023
|

Usaha memang tidak pernah mengkhianati hasil. Bali United Basketball Club sudah berjuang selama tiga musim kompetisi, dan akhirnya mereka lolos ke playoffs. Tahun ini Bali United mencetak rekor pertandingan 15-15 atau dengan persentase kemenangan 50% di klasemen IBL Tokopedia 2023.

"Saya bangga dengan performa pemain di akhir musim ini. Kami senang dengan hasilnya, kami akhirnya lolos ke playoffs," kata head coach Anthony Garbelotto, pada press conference di pertandingan terakhir musim reguler. 

Bali United mengawali debutnya pada musim 2021. Bali United Basketball Club merekrut beberapa bintang jelang IBL 2021 di antaranya Daniel Wenas dan Luthfi Kosawara. Tim asuhan Alexandar Stefanovski (Makedonia) ini juga sukses membujuk Ponsianus Nyoman Indrawan untuk kembali dari masa pensiun. Tetapi di musim pertamanya Bali United meraih sembilan kemenangan dari 16 pertandingan (9-7). Mereka hanya menempati peringkat keempat di Red Division. 

Memasuki musim keduanya, tim tidak banyak berubah. Mereka menambahkan Kendal Yancy dan William Jerarld Green III sebagai pemain asing. Sementara dari pemain lokal tidak banyak berubah, hanya menambahkan Yo Sua. Kali ini performa mereka justru menurun, hanya meraih delapan kemenangan dari 22 pertandingan. Bali United berada di urutan ketujuh di White Division. 

Gagal masuk playoffs dalam dua edisi pertama membuat Bali United mengubah timnya. Perbaikan dilakukan di berbagai sektor demi asa menuju playoff. Dari kepelatihan, Tridatu Warriors mendatangkan Anthony Garbelotto. Sementara para pemain anyar seperti Sandy Febriansyakh, Galank Gunawan, hingga Bima Rizky juga didantangkan. Dalam Draft IBL 2022, mereka mengambil dua pemain asing yakni Dior Lowhorn dan Julius Bowie.

"Setelah tiga tahun, akhirnya kami bisa lolos playoffs. Salah satu faktornya adalah pemain senior," kata Lutfi Eka Koswara. "Pemain-pemain seperti Galank, Sandy, Komink, mereka memberikan semangat pada kami. Contohnya dalam pertandingan, mereka tetap semangat dan mendorong kami untuk tidak mau kalah. Pengalaman mereka benar-benar membuat kami lebih baik."

Sayangnya performa mereka di awal musim belum terlihat. 

Bali United hanya menang empat laga dari 10 pertandingan pertama. Namun seiring perkembangan yang terjadi di liga, Bali United mulai bisa beradaptasi. Performa Bali United meningkat sejak liga bergulir kembali pasca jeda. Mereka merebut tujuh kemenangan sejak Seri Yogyakarta. Bali United akhirnya bisa memastikan diri lolos ke playoffs. 

"Memang saya akui, sulit bagi saya menemukan kombinasi yang tepat di seri pertama. Beberapa pemain sedikit terlambat untuk menyesuaikan diri. Saya akui tidak mudah. Apalagi saya baru dua musim ada di liga ini. Tetapi seri Surabaya menjadi turning point bagi kami," jelas Coach Toni.

Bali United tidak boleh terlalu larut dalam euphoria lolos playoffs. Lutfi sendiri menjelaskan kalau mereka akan fokus memperbaiki kekurangan. Karena bermain di playoffs berbeda dengan musim reguler. (*)

Baca Juga: RESMI! BALI UNITED BASKETBALL CLUB, TIM BASKET PROFESIONAL PERTAMA DARI PULAU DEWATA

0 Comments