RESMI! BALI UNITED BASKETBALL CLUB, TIM BASKET PROFESIONAL PERTAMA DARI PULAU DEWATA


Dec 18, 2020

"Alasan saya sederhana. Karena yang menawari saya untuk comeback adalah Bali United," jawabnya singkat. BALI, DENPASAR, 18 DESEMBER 2020 — Bali United Basketball Club telah hadir untuk masyarakat Bali dan akan bermain di kompetisi tertinggi Indonesian Basketball League (IBL) 2021. Tentu menjadi kabar gembira untuk masyarakat Bali karena memiliki tim basket pria profesional pertama dari pulau dewata.

Pasalnya, Bali adalah penghasil pemain basket profesional legendaris seperti Putu Donnie Hermawan, Cokorda Raka, dan Tri Adnyana Loka. Namun mereka selama ini tidak pernah membela tanah kelahiran karena belum ada klub profesional yang berkompetisi di kasta tertinggi Liga Basket Indonesia. Bali United Basketball Club diperkenalkan ke masyarakat luas pada hari Jumat, 18 Desember 2020 pada pukul 15.00 WITA secara virtual press conference dengan tagline Bali Bernyali.

Tim basket profesional asal Bali ini hadir membawa visi untuk menjadi tim bola basket yang unggul di Indonesia serta menjadi pusat pertumbuhan untuk bakat-bakat olahraga bola basket. Misinya antara lain adalah mencetak prestasi di Indonesia Basketball League (IBL), membina bakat muda lokal Bali di bidang bola basket, menumbuhkan jaringan komunitas bola basket yang luas di pulau Bali, dan menuju prospek ke depan sebagai tim yang go-internasional.

"Bali United Basketball Club adalah tim basket pertama yang hadir dari pulau Bali dan akan berkompetisi di IBL. Kehadiran kami tentu ingin menunjukkan bahwa tim ini bisa berprestasi di level nasional meskipun kami tim baru. Kami berharap bakat-bakat potensial di bidang olahraga basket ini juga banyak hadir dari pulau Bali dan kedepannya kami juga bisa berprestasi di level Internasional," ungkap Philmon Tanuri, selaku Presiden Bali United Basketball Club.

Sementara pelatih kepala tim basket Bali United, Aleksandar Stefanovski mengungkapkan rasa bahagianya dapat menjadi bagian dari tim Bali United. Pelatih yang memiliki FIBA Coaching Certificate, Macedonian Basketball Federation ini memiliki target untuk membawa tim asal pulau dewata ini berprestasi nasional.

"Saya sangat senang dapat bergabung dengan Bali United Basketball Club. Kita tahu Bali United adalah tim sepak bola dengan suporter yang fanatik, namun kini mereka juga memiliki tim basket. Saya sangat bangga menjadi bagian dari Bali United. Bali United Basketball Club adalah tim baru yang bermain di kasta tertinggi Liga Nasional. Tentu menjadi sebuah tantangan untuk saya sebagai pelatih mempersatukan visi dan misi bermain tim ini.

Tapi target saya ingin membawa tim ini menjadi tim yang terbaik di kompetisi yang akan datang," ungkap Coach Aleksandar. Pelatih asal Makedonia Utara ini akan didampingi dua pelatih lokal yang sudah memiliki nama di kancah nasional bola basket asal Bali. Mereka adalah IGN Rusta Wijaya dan IGN Teguh Putra Negara sebagai asisten pelatih yang akan mendampingi Coach Aleksandar. Sementara 15 pemain pemain yang menjadi bagian dari Bali United Basketball Club antara lain: 1. Winston Swenjaya (Rookie) 2. I Putu Bagus Arya Candra Putra Perdana (Rookie)

3. I Putu Yudiantara (Rookie) 4. Wijanata Kesawa (Rookie)

5. Joseph DeSmet (Rookie) 6. Irvine Kurniawan (Rookie)

 7. Reza Yohanes (Rookie)

8. Surliyadin 9. Lutfi Alfian Eka Koswara

10. Tri Hartanto 11. Yo Sua

12. Daniel Timothy Wenas 13. Yerikho Tuasela

14. Rico Aditya Suharno Putra 15. Ponsianus Nyoman Indrawan (Komink)

"Kesempatan yang sangat luar biasa bisa menjadi bagian tim besar dari pulau Bali. Saya bisa menunjukkan bakat bola basket di kancah nasional bersama beberapa pemain dari Bali. Semoga banyak bakat-bakat anak muda dari Bali yang mampu diwadahi berkat kehadiran Bali United Basketball Club, dari Bali untuk prestasi nasional dan internasional," ungkap Winston Swenjaya, salah satu pemain Rookie Bali United Basketball Club.

Sisi lain, pemain profesional yang sudah malang melintang di Liga Basket Nasional, Daniel Timothy Wenas memiliki ambisi yang kuat membawa tim asal Bali merengkuh prestasi nyata di kompetisi nasional. Small Forward yang sebelumnya bermain untuk tim Louvre Surabaya ini sangat antusias menunggu kompetisi yang akan bergulir 15 Januari 2021 mendatang. "Pengalaman di beberapa tim besar bola basket selama ini semoga menjadi modal yang baik untuk Bali United Basketball Club. Fokus, kerja keras dan disiplin pada program latihan tim pelatih membawa dampak yang baik untuk tim. Semoga prestasi nasional pada kompetisi musim depan menjadi hasil dari persiapan yang matang untuk kami dan masyarakat Bali," harap Daniel Wenas. Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Bali United, Yabes Tanuri mendapat apresiasi dan ucapan selamat dari beberapa mantan bintang dan pemain aktif dari National Basketball Association (NBA) pada hari Kamis, 17 Desember 2020. Yabes Tanuri pun mengapresiasi kehadiran tim basket ini sesuai arah visi dan misi Bali United di awal terbentuknya di pulau Bali.

"Tentu menjadi kabar gembira untuk masyarakat Bali bahkan Indonesia. Bali sudah memiliki tim sepak bola yang berprestasi, kini memiliki tim bola basket yang akan berkompetisi nasional. Selaras dengan apa yang diinginkan dari kehadiran Bali United sejak awal hadir adalah menjadi sebuah industri lebih berkembang dari sekedar sepak bola. Semoga dukungan masyarakat Bali terhadap bola basket juga menjadi modal tim ini berprestasi secara nasional di kompetisi mendatang," ucap Yabes Tanuri.

Julukan Bali United Basketball Club adalah Tridatu Warriors selain Serdadu Tridatu untuk julukan tim sepak bola dari Bali United. Mari masyarakat Bali gelorakan semangat perjuangan untuk menyambut kehadiran tim bola basket dari pulau Bali menuju kompetisi tertinggi Liga Basket Nasional. Semoga prestasi Bali United Basketball Club selaras dengan prestasi dari Bali United Football Club untuk membawa Bali terdengar berprestasi nasional dan internasional.