Bima Perkasa Ubah Strategi Pemilihan Pemain Asing


Sep 04, 2019

Semula pelatih Bima Perkasa Jogjakarta, Raoul Miguel Hadinoto, berniat tetap mempertahankan salah satu pemain asingnya musim lalu, David Seagers atau David Atkinson, namun semuanya berubah ketika muncul peraturan baru soal tiga pemain asing dengan tinggi maksimal 200 cm. Hanya dua pemain asing boleh dimainkan di lapangan pada saat bersamaan.

Aturan pemain asing sebelumnya, setiap klub diperkuat dua pemain asing, satu pemain asing bertinggi tak lebih dari 188 cm, satu lagi bertinggi bebas. “Dengan batas tinggi pemain 200 cm, semuanya bisa berbeda lagi. Tinggi 2 meter untuk pemain asing bisa berposisi guard dan di dalam atau combo player,” kata Ebos, sapaan karib Raoul ketika dihubungi Rabu (4/9).

Saat ini Bima Perkasa masih melakukan persiapan umum membenahi fisik dan skill individu para pemainnya. “Sama seperti klub-klub IBL lain, kami masih kekurangan pemain,” kata Ebos. Saat ini ada delapan pemain berlatih bersama. Dua pemain senior Bima Perkasa, Yanuar Dwi Ptiasmoro mengikuti pelatnas 5 on 5m sementara M. Alan As’adi memperkuat pelatnas tim nasional  3X3 Indonesia. “Masih susah mencari pemain pemain baru,” katanya.

“Pola permainan sudah kami miliki sejak dua musim lalu. Persiapan lebih khusus masih akan kami lakukan nanti. Masih ada waktu karena kompetisi dimulai pada bulan Januari,” ujar Ebos.

Bima Perkasa akan tampil dalam Piala Raja di Yogyakarta, 28 September nanti. “Di turnamen tersebut kami akan mencoba beberapa pemain kampus untuk tampil bersama BPJ,” ujar Ebos.

Musim lalu, Bima Perkasa menuai hasil cukup gemilang dengan menembus babak playoffs IBL Pertamax 2018-2019.