Bali United di Divisi Merah, West Bandits di Divisi Putih


Dec 22, 2020

Pembagian divisi Kompetisi IBL 2021 sudah tuntas dilakukan. Kompetisi kembali kepada sistem divisi setelah sebelumnya di musim 2020 dikarenakan adanya perubahan jumlah klub dan menjadi sistem satu klasemen. 

"Mulai musim 2021, antusias terus meningkat salah satunya dengan adanya penambahan klub baru sehingga peserta untuk 2021 kembali menjadi 12 team. Untuk kembali meningkatkan rivalitas dan ditambah dimasa pandemi dibuat format yang lebih ideal dari sisi waktu penyelenggaraan," kata Rufiana, Senior Competition Manager IBL. 

Penentuan posisi Divisi tiap klub diambil dari persentase kemenangan mereka musim lalu dan kemudian diurutkan secara merata kedua divisi dengan ‘sistem ular’.

Dimulai dari Pelita Jaya Bakrie dengan persentase menang tertinggi berada di Divisi Merah, peringkat kedua NSH Mountain Gold diikuti peringkat ketiga Satria Muda Pertamina  berada pada Divisi Putih. Louvre, yang musim lalu persentase kemenangan ada di peringkat empat bergabung di Divisi Merah diikuti peringkat kelima Pacific Caesar. Peringkat enam dan tujuh, Prawira Bandung dan Amartha Hangtuah bergabung dengan Divisi Putih, sementara peringkat delapan dan sembilan Satya Wacana Salatiga dan Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja  ada di Divisi Merah.

Penentuan dua klub baru Bali United Basketball dan West Bandits Solo dilakukan lewat  mekanisme draw (pengundian) yang dilakukan secara virtual di seluruh klub pada Senin, 21 Desember. Ada dua kali mekanisme pengundian. Yang pertama menentukan klub dan dilanjutkan dengan pengundian divisi dimana klub tersebut masuk. Sementara satu slot kosong tersisia di Divisi Putih otomatis ditempati Indonesia Patriots. 

 "Berdasarkan hasil drawing pool yang dilakukan, Bali United berada pada Divisi Merah dan West Bandits berada di Divisi Putih, " kata Rufi seusai pengundian virtual, Senin 21 Desember. 

Dengan demikian Divisi Merah terdiri dari :

  1. Pelita Jaya Bakrie.
  2. Louvre Surabaya.
  3. Pacific Caesar Surabaya.
  4. Satya Wacana Salatiga. 
  5. Bank BPD DIY Bima Perkasa.
  6. Bali United Basketball.

Pada Divisi Putih akan bersaing :

  1. NSH Mountain Gold Timika.
  2. Satria Muda Pertamina.
  3. Prawira Bandung.  
  4. Amartha Hangtuah. 
  5. West Bandits Solo. 
  6. Indonesia Patriots.

"Sebagai pendatang baru, kami berada pada pool yang cukup berat," kata pelatih West Bandits Solo, Jap Ricky  Lesmana. 

Meski demikian, West Bandits tak berkecil hati. "Peluang ke babak play off pasti ada. Kami yakin bisa memberikan kejutan pada Kompetisi IBL 2021 nanti," ujar Ricky.