News Event

Aven Ryan Pratama Pemain Debutan Terbaik di Musim 2023

08 July 2023
|

Pemain muda Elang Pacific Caesar Surabaya, Aven Ryan Pratama terpilih sebagai Rookie of the Year IBL Tokopedia 2023. Penampilannya di tahun pertama cukup menjanjikan, dan bisa menjadi aset berharga bagi tim wakil dari Kota Pahlawan tersebut. Aven mengalahkan empat kandidat pemain debutan terbaik lainnya di liga musim ini. 

Aven baru berusia 18 tahun. Tapi dia didaftarkan Elang Pacific sebagai rookie dari jalur rekomendasi. Jelas tim ini melihat ada sesuatu yang berbeda darinya. Dan, memang terbukti di musim reguler 2023. Aven bermain 29 pertandingan dengan rata-rata 7 ppg, 6,1 rpg, dan 1,6 apg. Menit bermainnya cukup besar yakni 28,5 menit per game. 

Sekedar informasi bila diklasifikasikan untuk rentang usia pemain sampai 20 tahun di liga, Aven punya kontribusi point per game tertinggi ketiga, di bawah Dame Diagne dan rekan setimnya, Daffa Dhoifullah. 

Di awal kariernya, Aven juga bermain bagus. Dia mencetak double digit point lima kali dari 19 penampilan. Poin terbanyak yang dicetak musim ini sampai seri Jakarta adalah 14 poin. Kemudian, dia juga sekali mencetak double digit untuk rebound, yakni 11 rebound sebanyak tiga kali musim ini. Aven bisa dibilang sebagai salah satu pemain rookie yang produktif di liga. 

Dengan pergantian di sisi head coach, maka menarik untuk melihat peran Aven dalam lanjutan liga nanti. Karena head coach Oei A Kiat ini dikenal sebagai pelatih yang piawai dalam menangani pemain-pemain muda. Jadi patut untuk disaksikan bagaimana perkembangan Aven Ryan Pratama dalam lanjutan IBL Tokopedia 2023 bersama Elang Pacific Caesar Surabaya. 

Dalam pemilihan Rookie of the Year tahun ini, Aven mendapatkan tujuh suara untuk pilihan pertama. Total poinnya 122. Nilai yang sama juga didapatkan oleh Muhammad Ari Daffa dari Bumi Borneo, sayangnya kalau dinilai dari suara pilihan pertama, Daffa hanya mendapatkan lima suara. Di tempat kedua ada Victory Jacob Lobbu dari Bima Perkasa, disusul Aldy Izzatur Rachman (Pelita Jaya), dan Calvin Yeremias Biyantaka (Satya Wacana). (*)

Baca Juga: Pemain Asing Bali United Lengkap

0 Comments