Arki Dikania Wisnu, Pemain yang Tak Pernah Ditinggal Timnas


Apr 06, 2022

Usia Arki Dikania Wisnu sudah memasuki 34 tahun. Tapi kalau melihat performanya, sepertinya usia hanya deretan angka bagi kapten tim Satria Muda Pertamina Jakarta tersebut. Sementara di timnas sendiri, Arki merupakan salah satu pemain yang menjadi langganan sejak beberapa tahun terakhir. 

Soal performa di liga, sudah tidak perlu diragukan lagi. Dalam dua musim terakhir, performa Arki sangat bagus. Pada musim 2021, dia mencetak rata-rata 13,4 PPG, 6,2 RPG, dan 3,6 APG. Di musim tersebut, Arki tampil 21 game untuk regular season, dan membawa timnya meraih gelar juara liga.

Untuk IBL Tokopedia 2022, Arki hanya absen sekali di musim reguler. Dari 21 game, Arki bisa berkontribusi sebesar 8,8 PPG, 3,7 RPG, dan 4,0 APG. Menit bermainnya sebanyak 21,2 menit per game. SM memang bukan tim dengan jumlah kemenangan terbanyak, tapi mereka punya grafik permainan yang cukup bagus.

Kembali lagi soal Arki, dia sudah beberapa kali ikut SEA Games. Mulai dari tahun 2015, 2017, dan 2019. Kemudian juga selalu masuk skuad Timnas Indonesia di beberapa ajang FIBA seperti Asia Cup Qualifiers dan World Cup Qualifiers. Dengan pengalaman dan prestasinya, jelas bahwa Arki tidak akan tertinggal dari skuad timnas untuk SEA Games Hanoi, yang kini dipimpin head coach Milos Pejic. (*)