Anton Waters, Solusi Permasalahan di Paint Area


Nov 18, 2021

Mungkin di musim-musim sebelumnya, dia dikenal dengan nama Anton Davon Waters. Namun dalam IBL Draft 2021, dia muncul dengan nama Anton Waters Sr., dan dipilih oleh Hangtuah Jakarta. Dia memang Anton Waters yang kita kenal sebagai pemain yang jadi pemberi solusi bagi tim Pacific Caesar Surabaya. 

Kemunculan Anton Waters pertama kali di IBL, terjadi pada musim 2017-18. Saat itu di seri kelima, sebelum Playoffs. Pacific Caesar mengganti pemain asingnya. Center Michael Fey dianggap kurang garang di bawah ring, sehingga Pacific mendatangkan Anton Waters. Pergantian tersebut membawa berkah bagi Pacific. Sebab Anton bisa mencetak 18,2 PPG dan 15,1 RPG, di sisa musim reguler. Sementara di Playoff, dia mampu mengumpulkan 14 PPG dan 13 RPG. 

Anton Waters kembali muncul di IBL Pertamax 2020. Kali ini statusnya sama, yakni sebagai pemain pengganti. Sempat terjadi polemik soal gaji pemain tersebut yang diturunkan oleh agennya. Namun itu tidak menjadi masalah yang berlarut-larut karena Anton Waters akhirnya bisa bermain kembali bersama Pacific, setelah menggantikan DeCorey Jones. 

Di kesempatan kedua ini pun sama. Anton seolah menjadi solusi dari permasalahan Pacific. Dia bisa mencetak rata-rata 15,6 PPG dan 11,0 RPG dalam 10 pertandingan. Anton benar-benar sosok yang luar biasa di bawah ring. 

Namun kali ini berbeda. Anton bukan sebagai pemain pengganti, tapi sebagai pemain yang dipilih oleh Hangtuah di malam Draft. Dengan kata lain, dia akan memulai liga sejak awal. Ini bakal menarik, karena Hangtuah musim lalu bermasalah dengan paint area. Mereka mendatangkan dua sosok pemain asing yang sama-sama punya catatan bagus di area tersebut, yakni Anton Waters dan Laquavious Cotton. (*)