Aldy Izzatur Rachman Dituntut Lebih Fokus Lagi


Apr 13, 2022

Pemain Indonesia Patriots yang turut dipanggil untuk TC Timnas Indonesia proyeksi SEA Games Vietnam adalah Aldy Izzatur Rachman. Pemain yang disebut-sebut sebagai shooter masa depan Indonesia ini punya penampilan bagus di kemunculan pertamanya. Namun performa Aldy menurun di tahun kedua, atau di IBL Tokopedia 2022. 

Sebagai seorang shooter, Aldy memang layak disebut demikian. Apapun situasinya, dia harus bisa melepaskan tembakan tiga angka. Namun akurasi tentu jadi pertimbangan juga. Sebab, buat apa banyak percobaan three point, namun malah membuang kesempatan possession tim sendiri. 

Pada musim 2021, saat Aldy muncul bersama tim Indonesia Patriots asuhan head coach Youbel Sondakh, dia mencetak rata-rata 8,1 PPG, 4,3 RPG, dan 0,9 APG dala 12 game. Namun di tahun keduanya bersama Patriots, statistik Aldy turun menjadi 5,7 PPG, 3,9 RPG, dan 0,5 APG dalam 21 game. Tetapi dari jumlah attempt Aldy sangat baik. Dia menjadi satu-satunya pemain Patriots yang melepaskan 100 tembakan three point di musim 2022. Dari jumlah tersebut hanya 22 tembakan yang masuk (22%).

Di awal bubble 2022, Aldy sempat struggle. Namun di empat game terakhir dia bisa mencetak poin cukup banyak. Aldy mengoleksi 20 poin saat Patriots menang 77-59 dari Tangerang Hawks. Ini merupakan catatan terbaik Aldy selama musim 2022. Modal tersebut tampaknya belum cukup untuk membawa Aldy bisa masuk roster timnas SEA Games. 

Namun Aldy masih punya kesempatan untuk memperbaikinya. Caranya, dia harus berjuang untuk meningkatkan akurasi tembakan selama TC Timnas Indonesia di Jakarta. Dengan cara ini, siapa tahu head coach Milos Pejic memberinya kesempatan untuk membela timnas di ajang SEA Games. (*)