News Event

Kandidat Rookie of The Year IBL Tokopedia 2023

29 June 2023
|

Regular season IBL Tokopedia 2023 sudah berakhir. Artinya, liga akan memilih beberapa pemain yang akan mendapatkan penghargaan individu. Dimulai dari Rookie of The Year. Seperti biasanya, ada lima pemain debutan baru di liga yang menjadi kandidatnya. Mereka adalah Aven Ryan Pratama, Muhammad Rizky Ari Daffa Dewangsa, Aldy Izzatur Rachman, Victory Jacob Emilio Lobbu, dan Calvin Yeremias Biyantaka. 

Aven Ryan Pratama merupakan rookie milik Elang Pacific Caesar Surabaya dari jalur rekomendasi. Pemain berusia 19 tahun ini tampil meyakinkan di musim debutnya. Dia diturunkan 29 pertandingan dengan 28,5 menit per game. Meski berstatus rookie, Aven sudah ada di jajaran pemain inti Satya Wacana. Kontribusinya terbilang cukup besar dengan 7 ppg, 6,1 rpg, dan 1,6 apg. Performa Aven di seri Jakarta patut jadi sorotan. Dia mencetak empat kali double digit points, dengan tiga kali double-double. Dia layak jadi aset Satya Wacana di masa depan. 

Bergeser ke pemain berikutnya, ada Muhammad Rizky Ari Daffa Dewangsa. Pemain ini berstatus rookie rekomendasi dari Bumi Borneo Basketball Club. Daffa berkontribusi 6,4 ppg dan 5,1 rpg dalam 28 pertandingan. Daffa diturunkan selama 19,7 menit per game. Kebiasaan head coach Tondi Raja Syailendra yang memberikan kesempatan kepada pemain muda, sangat menguntungkan bagi Daffa. Karena dia bisa menunjukkan sebagai prospek yang bagus untuk Bumi Borneo. 

Pemain ketiga yang menjadi kandidat Rookie of the Year adalah Aldy Izzatur Rachman milik Pelita Jaya Bakrie Jakarta. Dia masuk menjadi rookie di IBL melalui jalur rekomendasi. Namun sebenarnya Aldy sudah ada di IBL sejak musim 2021, sebagai pemain Indonesia Patriots, tim pengembangan timnas muda Indonesia. Pada musim 2023, Aldy mencetak rata-rata 4,6 ppg dan 3,2 rpg. Aldy sering kali dipercaya sebagai starter oleh head coach Djordje Jovicic. Tetapi perannya justru lebih kepada pemecah kebuntuan, saat Pelita Jaya menurunkan lini keduanya. 

Victory Jacob Emilio Lobbu juga masuk sebagai kandidat Rookie of the Year. Pemain milik Bima Perkasa Jogja ini mendapatkan kepercayaan lebih besar dari head coach Efri Meldi. Pasalanya Lobbu sudah berpengalaman di IBL selama satu musim (2022), karena berada di tim Patriots. Namun untuk musim ini, dia diturunkan dalam 30 pertandingan dengan kontribusi rata-rata 4,0 ppg, 2,1 rpg, dan 1,9 apg. Lobbu layak menjadi kandidat Rookie of the Year karena performanya yang bagus di lini kedua Bima Perkasa. Perlu diketahui bahwa Lobbu diambil Bima Perkasa dari IBL Rookie Draft 2022 First Round. Lobbu adalah pemain pilihan pertama (First Pick) dari IBL Rookie Draft 2022. 

Terakhir ada Calvin Yeremias Biyantaka dari Satya Wacana Salatiga. Sama seperti Lobbu, Calvin diambil Satya Wacana sebagai pilihan ketiga (Third Pick) dalam IBL Rookie Draft 2022. Dia menunjukkan kualitasnya sebagai point guard baru Satya Wacana. Dalam 30 pertandingan dengan 25,8 menit per game, Calvin mencetak rata-rata 4,7 ppg, 3,4 rpg, dan 2,8 apg. Calvin tampaknya akan jadi pengatur serangan Satya Wacana di musim-musim berikutnya. 

Seluruh penghargaan individu di IBL Tokopedia 2023 akan dipilih oleh voters yang berisi head coach dan media. Pemenangnya akan diumumkan pada 30 Juni 2023. (*)

Baca Juga: Andrie Ekayana Ketua Tim Penjaringan Rookie IBL 2021

1 Comments

Esa Akhmad Mujahidin 1 month ago

Min aven bukannya dari elang pacific surabaya