News Event

8 Tim yang Berlaga di Seri Grand Final IBL 3x3 2023

10 October 2023
|

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa FIBA 3x3 memasukkan turnamen IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 sebagai Quest. Artinya, akan ada satu pemenang yang bisa berlaga di FIBA 3x3 World Tour Masters. Namun syaratnya, dia harus memenangkan pertandingan Grand Final, yang berisi delapan tim terbaik dari rangkaian seri yang telah diikuti. Seri Grand Final ini akan berlangsung di Solo, pada 20-21 Oktober mendatang. 

Seri terakhir ini merupakan penentuan bagi delapan tim teratas. Sebelumnya ke-15 peserta mengikuti empat seri babak penyisihan. Kemudian setiap akhir seri akan diumumkan tour standings, yang didapatkan dari poin sesuai peringkat tiap seri. Tentunya perhitungan poin ini sudah sesuai dengan FIBA 3x3 Team Tour Set-up Guide. 

Tim yang mendapatkan peringkat pertama adalah Satria Muda Pertamina dengan total 320 poin. Mereka memang hanya juara satu kali. Tetapi dalam tiga seri, Satria Muda selalu mencapai babak semifinal, dan bahkan sekali menjadi runner-up. Oleh karena itu poin mereka lebih tinggi dibanding tim-tim lain. 

Di peringkat kedua ada Amartha Hangtuah Jakarta dengan total poin 285. Dandung O'Neal dan kawan-kawan pernah sekali juara dan sekali runner-up. Juga, mereka sampai di semifinal pada seri keempat di Yogyakarta. Sehingga poin mereka juga tinggi. 

Justru yang mengejutkan adalah Prawira Harum Bandung. Meski mereka dua kali menjuarai tuenamen seri, yaitu di Jakarta dan Bandung. Tapi penampilan Prawira tidak bagus dalam dua seri lainnya. Mereka tidak lolos knock-out di seri Tangerang, dan kalah di fase delapan besar seri Yogyakarta. 

Pelita Jaya Bakrie Jakarta ada di bawah Prawira dengan hanya terpaut 10 poin saja. Mereka mengumpulkan 250 poin, dengan pencapaian tertinggi selama empat seri adalah finalis seri Yogyakarta. Penampilan yang impresif bagi Pelita Jaya yang hanya diperkuat empat pemain dalam rosternya selama rangkaian turnamen tahun ini. 

Bumi Borneo Basketball Pontianak masuk babak Grand Final dengan nilai 220 poin. Mereka menempati urutan kelima, dengan pernah menjadi finalis di seri Tangerang. RANS PIK Basketball juga lolos sebagai tim keenam dengan poin 192. Mereka stabil di awal, tetapi pada seri Yogyakarta, RANS tidak cukup baik. Dewa United Banten juga akan berangkat ke Solo dengan nilai 141 poin. Sedangkan tim terakhir adalah West Bandits Solo. Mereka dua kali lolos ke fase knock-out dalam empat seri. 

Tour standings terakhir ini menunjukkan ada pergeseran dari tiga seri sebelumnya. Awalnya ada Satya Wacana Salatiga yang menempati peringkat kedelapan. Tetapi karena performa mereka tidak bagus di seri Yogyakarta, maka Satya Wacana digeser oleh West Bandits Solo. Tim kota tuan rumah Grand Final tersebut awalnya ada di peringkat kesepuluh. Namun berhasil merangsek ke peringkat kedelapan. 

Seri Grand Final IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 akan berlangsung pada 20-21 Oktober. Tempat pertandingannya sangat istimewa, yaitu Halaman Balai Kota Solo. (*)

Baca Juga: Roster IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 - Grand Final

0 Comments