11 Pelatih Lokal dan 5 Pelatih Asing Adu Strategi di IBL Tokopedia 2022


Jan 14, 2022

IBL Tokopedia 2022 akan segera bergulir. Selain roster, yang menarik adalah melihat peta kekuatan klub-klub dari sang pengatur strategi. Di musim ini, ada 11 pelatih lokal dan 5 pelatih asing yang akan bersaing. Ada nama-nama familiar, namun ada juga nama pelatih baru di liga profesional kasta tertinggi di Indonesia. 

Dari pelatih lokal, ada nama-nama yang sudah akrab bagi IBL Fans, dan mereka masih dipertahankan oleh timnya, yakni Raoul Miguel Hadionoto di klub West Bandits Combiphar Solo, Andika Supriadi Saputra di tim Dewa United Surabaya, dan R. Aries Herman M. yang akan memimpin Pacific Caesar Surabaya. 

Ada pula pelatih lokal yang pindah klub, seperti Youbel Sondakh yang kembali menukangi Satria Muda Pertamina Jakarta. Meski kenyataannya tidak pernah pindah, namun Youbel musim lalu tercatat sebagai pelatih kepala Indonesia Patriots. Lalu Efri Meldi yang pindah ke Tangerang Hawks, Antonius Ferry Rinaldo yang pindah ke Amartha Hangtuah Jakarta. Serta Andre Yuwadi yang kini memimpin Evos Thunder Basketball Bogor.

Menarik untuk disaksikan adalah beberapa nama baru di IBL, seperti Koko Heru Setyo Nugroho di tim RANS PIK Basketball. Meski sudah berkecimpung lama di basket Indonesia, namun ini kesempatan pertama Koko sebagai pelatih kepala di IBL. Begitu juga dengan Jerry Lolowang, yang pernah menjadi asisten pelatih Prawira Bandung di IBL. Jerry kini menggantikan posisi Efri Meldi, sebagai pelatih kepala Satya Wacana Salatiga. Tak lupa ada nama Fictor G. Roring, pelatih senior Indonesia yang kembali turun gunung untuk menukangi Pelita Jaya Bakrie Jakarta. 

Lima pelatih lokal di IBL Tokopedia 2022 juga bakal menyita perhatian publik. Aleksandar Stefanovski masih dipercaya sebagai pelatih kepala Bali United Basketball. Kemampuannya sudah terbukti musim lalu. Begitu juga dengan David Reynard Singleton. Kali ini David memimpin Prawira Bandung setelah sukses bersama Pacific Caesar Surabaya dan Bima Perkasa dalam dua musim sebelumnya. Kemudian ada Milos Pejic yang kini diminta mendampingi tim Indonesia Patriots sebagai program pengembangan timnas muda Indonesia. 

Dua nama pelatih asing baru di IBL ada Glaucus Dean Murray dan Anthony Garbelotto. Coach Murray dikenal sebagai pelatih Formosa Dreamers di ABL, dan kini memimpin DNA Bima Perkasa Jogja. Kehadirannya menjadi warna baru di IBL nanti. Sementara NSH Mountain Gold Timika juga mendatangkan pelatih asing baru bernama Anthony Garbelotto yang sudah berpengalaman di liga-liga Eropa dan Asia. Mereka bakal menambah serunya persaingan IBL Tokopedia 2022. (*)