Yudha Saputera Sedang Naik Daun


Apr 08, 2022

Prawira Bandung membuat penampilan luar biasa di IBL Tokopedia 2022. Salah satu faktornya adalah Yudha Saputera. Point guard yang sedang naik daun tersebut bisa membuktikan bahwa dirinya layak dipanggil Timnas Indonesia. Meski Yudha harus bersaing dengan point guard senior Indonesia lainnya. 

Yudha Saputera merupakan salah satu wakil Prawira yang dipanggil mengikuti TC Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2022 di Hanoi, Vietnam. Yudha sebenarnya memang anggota timnas muda yang dipersiapkan untuk menjadi pelapis timnas senior. Tapi musim ini, dia dikembalikan ke klub untuk mengikuti IBL Tokopedia 2022. 

Namun ini ternyata membawa berkah tersendiri baginya dan Prawira. Secara pribadi, Yudha akhirnya bisa menikmati permainan bersama klub Prawira. Lalu, dia juga mendapatkan mentor yang mumpuni, yakni head coach David Singleton. Belum lagi ada beberapa senior yang mendorongnya bisa tampil maksimal seperti Abraham Damar Grahita, Arif Hidayat, dan Andre Adrianno. 

Pada musim 2020, Yudha tampil bersama Indonesia Patriots. Dalam 16 game, dia mencetak 10,1 PPG, 2,4 RPG, dan 4,4 APG. Lalu PP Perbasi mencoba program timnas elite muda yang baru, sehingga Yudha dikembalikan ke Prawira. Namun ternyata dia mampu menjaga konsistensi permainannya. Yudha di musim 2021 mencetak 10,0 PPG, 3,6 RPG, dan 4,5 APG. Tak jarang Yudha menjadi penentu kemenangan di beberapa pertandingan regular season. 

Salah satu yang menakutkan dari Yudha adalah akurasi tembakan jarak jauhnya. Selama musim 2021, dia bisa mencetak 3PTS precentage sebesar 30%. Mentalnya juga sangat bagus dalam pertandingan. Tinggal bagaimana Yudha bersaing dengan point guard senior di timnas, seperti Andakara Prastawa Dhyaksa dan Hardianus untuk mendapatkan tempat di hati head coach Milos Pejic. (*)