News Event

Xaverius Prawiro Umumkan Pensiun

29 September 2023
|

Ini menjadi kali ketiga bagi seorang Xaverius Prawiro mengumumkan dirinya gantung sepatu. Tapi dalam dua keputusan sebelumnya, ternyata pemain yang akrab disapa Ius tersebut selalu bersedia kembali. Tetapi kalau dilihat dari sisi usia dan performanya, bisa jadi Ius benar-benar pensiun. 

Ius termasuk pemain yang sudah makan asam garam liga profesional Indonesia. Dia bisa dijuluki manusia tiga liga, karena melewati beberapa pergantian liga di tanah air. Ius bahkan sudah pernah beberapa kali menjuarai liga. Tetapi faktanya, sejak dia tampil di IBL lagi, Ius belum pernah juara. 

Soal pensiun, Ius pernah menyatakan pensiun setelah dirinya tidak bermain untuk Aspac. Tetapi pada tahun 2017, Iyus comeback dan bermain untuk Pelita Jaya selama dua musim kompetisi. Hasilnya tak seperti yang diinginkan, dimana dia belum bisa membawa Pelita Jaya meraih gelar juara. Setelah itu, Ius kembali mengumumkan pensiun.

Setelah dua musim liga berjalan (2020-2021), Ius muncul lagi bersama tim Dewa United. Dia membuat tim ini dijuluki tim bertabur bintang. Ius berkontribusi 9,4 ppg, 2,4 rpg, 3,1 apg, dan 1 spg dalam 21 pertandingan musim reguler 2022. Tetapi gagal membawa Dewa United juara. 

Beranjak ke musim 2023, di mana Ius harus berjibaku dengan Kaleb Ramot Gemilang. Tetapi performanya tidak seperti di musim pertama. Ius mencetak rata-rata 7,1 ppg, 2,6 rpg, dan 2,9 apg dalam 29 pertandingan. Dewa United hanya sampai di semifinal di Playoffs IBL 2023. Setelah musim berakhir, Ius kembali mengumumkan pensiun. 

Sebenarnya pengumuman pensiun Ius sudah dia lakukan sejak 16 September 2023. Tetapi baru secara resmi dilepas oleh Dewa United pada 27 September 2023. Dalam postingan di akun Instagram-nya, Ius mengatakan kalau ke depan, dia ingin membuat perubahan yang positif bagi siapa pun lewat apa yang dia kerjakan nantinya. (*)

Baca Juga: Xaverius Prawiro Tak Seperti Dulu

0 Comments