News Event

Tiga Jimat Keberuntungan Pelita Jaya di IBL Tokopedia 2024

07 August 2024
|

Pelita Jaya Jakarta keluar sebagai juara IBL Tokopedia 2024. Gelar kedua di IBL sejak kembali digulirkan pada 2016 lalu, serta gelar pertama setelah tujuh tahun. Karena mereka terakhir menjadi juara di musim 2017. Faktanya, terdapat tiga sosok penting yang dianggap sebagai jimat keburuntungan Pelita Jaya. 

Dalam roster Pelita Jaya di IBL Tokopedia 2024 terdapat tiga orang yang menjadi bagian dari tim juara Pelita Jaya 2017. Mereka adalah Johannis Winar, Adhi Pratama Prasetyo Putra, dan Brandon Jawato. Ketika tiga sosok ini masuk roster, Pelita Jaya berhasil merengkuh gelar juara. Sehingga diibaratkan mereka seperti jimat keberuntungan bagi Pelita Jaya. 

Johannis Winar adalah head coach Pelita Jaya di tahun 2017. Tetapi sepanjang perjalanan tim di tiga musim sebelum 2024, Coach Ahang tidak ada dalam tim. Coach Ahang kembali masuk tim Pelita Jaya sebagai asisten pelatih di awal musim 2024. Kemudian setelah enam pertandingan, posisinya dinaikkan jadi head coach. Kehadiran Coach Ahang di kursi panas Pelita Jaya, memberikan dampak luar biasa bagi tim ini. 

Sosok kedua adalah Adhi Pratama Prasetyo Putra. Sosok center andalan Pelita Jaya ini memutuskan pensiun di tahun 2022, setelah cedera yang tak kunjung sembuh. Tetapi Adhi kembali ke Pelita Jaya dengan tugas yang lebih berat di tahun 2024. Dia ditunjuk sebagai manajer tim. Dengan pengalamannya, Adhi membantu Pelita Jaya lebih baik musim ini. 

"Perjalanan yang panjang musim ini selama delapan bulan. Liga musim ini tidak sebentar. Pelatih dan pemain benar-benar membuktikan kualitas mereka saat-saat genting seperti di babak final tahun ini," komentar Adhi setelah Pelita Jaya menjuarai liga musim 2024.

Terakhir ada Brandon Van Dorn Jawato. Dia juga menjadi bagian dari tim juara Pelita Jaya 2017. Itu adalah musim kedua Jawato di IBL, sejak dirinya bergabung dengan Pelita Jaya di tahun 2016. Jawato kembali ke Pelita Jaya pada musim 2024, setelah dia berkelana ke liga-liga Asia seperti ABL dan B.League Jepang. Kembalinya Jawato memberikan dorongan di lini kedua Pelita Jaya musim ini sehingga mereka bisa merebut gelar juara. Jawato mencetak rata-rata 6,9 ppg, 3,9 rpg, dan 2,4 apg di musim reguler. Kemudian di playoffs tahun ini dia menyumbang rata-rata 6,6 ppg, 4,3 rpg, dan 1,6 apg. 

Kembalinya tiga sosok ini menjadi salah satu faktor kesuksesan Pelita Jaya di tahun 2024, mengulang pencapaian mereka di tahun 2017. Sehingga layak jika ketiganya disebut sebagai jimat keberuntungan Pelita Jaya. (*)

Baca Juga: Lucky Abdi dan Nomor yang Membawa Keberuntungan

0 Comments