Widyanta Putra Teja, Fasilitator Lokal Terbaik


Jul 20, 2020

Keberhasilan NSH Jakarta menjadi salah satu tim terbaik di liga musim ini karena mereka punya dua fasilitator terbaik di liga. Mereka adalah DaShaun Wiggins, dan satu nama pemain lokal, Widyanta Putra Teja. Widi menunjukkan perkembangan luar biasa di liga musim ini.

Berbicara soal assist, Indonesia Patriots sebagai tim nasional Indonesia punya dua pemain lokal dengan ciri khas menjadi pelayan yang baik bagi rekan-rekannya. Mereka adalah Andakara Prastawa Dhyaksa (4,8 APG) dan Hardianus Lakudu (3,6 APG). 

Kalau dilihat dari sembilan kontestan lainnya, maka ada tim dengan pemain yang punya catatan assist tinggi. Kedua point guard ini masuk leaderboard lima besar pencatat assist terbanyak di IBL 2020. Keduanya adalah DaShaun Wiggins dan Widyanta Putra Teja. Wiggins rata-rata mencetak 3,7 APG, dengan Widi meski pemain lokal bisa unggul dari Wiggins dengan 3,8 APG. Sementara di posisi pertama ada Gary Jacobs Jr. dengan koleksi 5,3 APG. 

Dari data tersebut, dan dikaitkan dengan rencana seleksi timnas Indonesia yang melibatkan pemain dari klub IBL, maka Widyanta layak untuk dicoba. Widi tidak hanya piawai dalam melayani rekan-rekannya melalui bola-bola umpan matang, tapi dia juga seorang eksekutor tajam Widi mencetak 9,5 PPG dalam 14 penampilan. Menempatkannya di urutan ketiga sebagai pendulang poin terbanyak untuk tim NSH musim ini. 

Widi sendiri dikenal sebagai punggawa timnas Indonesia, tapi untuk cabang olahraga 3x3. Bahkan dia sudah berbaju timnas sejak usia 18 tahun. Pengalamannya di turnamen internasional, serta perkembangan performa di IBL musim ini membuat pemain ini makin berkembang setiap pertandingan.