Widyanta Putra Teja Fasilitator Terbaik di West Bandits


Apr 11, 2022

Widyanta Putra Teja menjadi satu-satunya pemain West Bandits Combiphar Solo yang dipanggil untuk TC Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2022, Vietnam. Dia adalah pemain fasilitator terbaik yang pernah ada di liga. Meski ada sedikit penurunan di regular season IBL Tokopedia 2022. 

Widi selama ini dikenal sebagai point guard lincah dan cerdas. Dia punya banyak akal untuk memecahkan defense lawan, dan juga mencuri kesempatan mengeksekusi bola sendiri. Kalau soal kontribusi poin, Widi bisa dibilang sangat stabil. Sejak dia berada di NSH pada musim 2020, Widi sudah mengoleksi 9,4 PPG dalam satu musim. Jumlah ini meningkat menjadi 10,7 PPG dalam 21 game di musim 2021 bersama West Bandits. Lalu di musim 2022, Widi mencetak 10,3 PPG dalam 22 game. 

Tetapi yang paling mencolok dari penampilan pemain 24 tahun tersebut adalah jumlah assist. Pada musim 2020, Widi bisa mengirimkan 4,1 APG di tim NSH. Jumlah ini naik drastis di musim 2021. Widi mencetak 5,9 APG saat musim pertamanya bersama West Bandits. Kemudian di IBL Tokopedia 2022, dia sedikit menurun dalam perolehan assist. Widi mencetak rata-rata 3,7 APG dalam 22 game reguler season. Sementara untuk steal tetap stabil di kisaran 1,0 SPG. 

Tetapi meski mengalami penurunan, tapi Widi tetap menjadi pendulang assist terbanyak untuk West Bandits di IBL Tokopedia 2022. Di urutan kedua ada Sameen Swint, dengan kontribusi 3,4 APG. Kemudian disusul oleh Rio Disi yang mampu mencetak 3,0 APG. West Bandits sendiri bakal tampil di IBL Tokopedia 2022 Playoffs. 

Berbicara soal timnas, Widi sudah beberapa kali masuk roster pilihan head coach Rajko Toroman. Namun kali ini sedikit berbeda. Saingan Widi cukup banyak. Karena ada beberapa point guard baik senior dan junior yang masuk training camp. Kalau Widi ingin masuk roster, tentu harus berjuang lebih keras lagi untuk memikat head coach Milos Pejic. (*)