West Bandits Unggul di Kuarter Pertama


Mar 27, 2022

Laga Satya Wacana Salatiga melawan West Bandits Solo membuka lanjutan IBL Tokopedia 2022, hari Minggu (27/3) siang. Ini merupakan leg kedua dari pertemuan kedua tim musim ini. Pada leg pertama yang berlangsung 7 Maret lalu, Satya Wacana menang 73-64. Kini West Bandits sepertinya ingin membalas kekalahan tersebut. 

Untuk memulai laga, head coach Satya Wacana Jerry Lolowang menurunkan starting five yang terdiri dari Alexander Franklyn, Irwanto, Randy Ady Prasetya, Mas Kahono Alif Bintang, dan pemain asing Joshua Davenport. Sebaliknya dari tim West Bandits, head coach West Bandits Combiphar Solo menurunkan Respati Ragil Pamungkas, Pringgo Regowo, Patrick Nikolas, Widyanta Putra Teja, dan pemain asing Sameen Swint. 

Mengawali laga, Satya Wacana mampu unggul 8-1. Namun karena kecerobohan mereka, keunggulan ini terkikis sedikit demi sedikit. West Bandits mampu bangkit setelah menyamakan kedudukan menjadi 12-12 di sisa waktu 3 menit. Setelah itu keadaan berubah, West Bandit berbalik memimpin jalannya pertandingan. 

West Bandits bisa mengunci keunggulan di kuarter pertama berkat penampilan gemilang Sameen Swint dan Mei Joni. Di sisa 49 detik, Swint mencetak dua angka melalui lay up memanfaatkan assist dari Gabriel Batistuta Risky. Kemudian sesaat sebelum kuarter pertama usai, Mei Joni menambahkan dua angka lewat jump shot untuk mengunci keunggulan jadi 7 angka. (*) [13:52, 27/03/2022] Torra  Main Basket: SWS VS WBC - Q1 [13:57, 27/03/2022] Torra  Main Basket: West Bandits Memperlebar Jarak jadi 20 Angka

Performa West Bandits stabil di kuarter kedua. Bahkan cenderung labih baik. Karena mereka bisa memasukkan 12 tembakan dari 18 attempt atau dengan persentagse 66,7%. Mereka menambahkan 28 angka di kuarter kedua, dan unggul 49-29 saat turun minum. 

West Bandits mendapatkan 17 angka dari Sameen Swint di first half. Sementara Widyanta Putra Teja dan Gabriel Batistuta Risky sama-sama menyumbang 6 angka. Catatan paling mencolok dari West Bandits adalah point form turnovers. Mereka bisa mengkonversi 13 turnovers Satya Wacana menjadi 19 angka. West Bandits juga mencetak 14 poin dari fast break. 

Sebaliknya dari Satya Wacana, Joshua Davenport dan Alexander Franklyn sudah mampu mencetak double digit points. Davenport menyumbang 11 angka dan Franklyn mengoleksi 10 angka. Satya Wacana mencetak 18 points in the paint, dengan field goals precentage keseluruan yakni 42%. Banyaknya turnovers yang dibuat di babak pertama sangat merugikan mereka. 

Satya Wacana hanya memasukkan 4 tembakan dari 9 attempt. Mereka hanya menghasilkan 15 poin selama kuarter kedua. Kerugian mereka lebih banyak disebabkan karena kesalahan sendiri. Satya Wacana melakukan 9 kali turnovers, yang sering kali berakhir dengan poin untuk West Bandits. Mereka harus bangkit kalau tak ingin kalah dari West Bandits. (*)