West Bandits Lepas Widyanta, Pelita Jaya Tak Lanjutkan Kontrak Katon Adjie Baskoro


Oct 08, 2022

Setelah IBL merilis nama-nama pemain yang berstatus free agent dan restricted free agent, media sosial digemparkan dengan kabar hengkangnya beberapa key-player dari kontestan liga. Mereka adalah Widyanta Putra Teja dan Katon Adjie Baskoro. 

Widyanta Putra Teja untuk musim depan dipastikan tidak bersama West Bandits Solo lagi. Widi bergabung dengan West Bandits pada musim 2021 atau musim debut tim ini di IBL. Pada musim pertamanya, Widi berhasil membuat penampilan yang luar biasa dengan mengantarkan West Bandits sampai ke empat besar. 

Widi mencetak statistik 10,7 ppg, 4,3 rpg, 5,9 apg, dan 1,5 spg dalam 21 pertandingan. Widi menjadi salah satu pengirim assist terbaik di liga. Di musim keduanya bersama West Bandits (2022), dia berhasil mencetak 11,2 ppg, 3,0 rpg, dan 4,1 apg dalam 27 pertandingan, sejak reguler season hingga playoffs. 

Kepergian Widi akan meninggalkan lubang besar di tim West Bandits Solo. Karena dia adalah point guard utama tim tersebut. Sehingga bakal menjadi pertanyaan besar bagi fans West Bandits, siapa yang menggantikan posisinya musim depan. 

Selain West Bandits, Pelita Jaya Bakrie Jakarta juga melepaskan pemainnya. Dia adalah Katon Adjie Baskoro yang sudah ada di Pelita Jaya sejak musim 2020 hingga 2022. Katon selama ini merupakan pemain yang memperkuat lini kedua Pelita Jaya. Di musim 2022, dia mencetak 1,3 ppg, 1,1 rpg, dan 0,6 apg. Kontribusi Katon memang tidak signifikan, dan kehadiran pemain-pemain muda berbakat di Pelita Jaya membuat persaingan lebih ketat. 

Dengan kabar ini, maka Widyanta dan Katon masuk daftar restricted free agent. Sehingga klub yang berminat menggunakan jasanya harus melalui mekanisme transfer pemain. (*)