News Event

Usung Target Pertahankan Emas, Inilah Roster Timnas Basket Putra Indonesia

03 May 2023
|

Timnas Basket Putra Indonesia akan menghadapi tantangan berat di SEA Games 2023 Kamboja. Sebab, nantinya Indonesia akan dijadikan sasaran oleh negara-negara lain, yang ingin merebut medali emas. Namun timnas sudah punya persiapan yang matang dalam menghadapi kejuaraan kali ini. Berangkat dengan 12 pemain, timnas siap mempertahankan medali emas. 

Berikut ke-12 nama yang masuk roster timnas untuk SEA Games 2023:

1. Yudha Saputera (Prawira Harum Bandung) 2. Andakara Prastawa Dhyaksa (Pelita Jaya Bakrie Jakarta) 3. Dame Diagne (Indonesia Patriots)  4. Juan Laurent Kokodiputra (Satria Muda Pertamina Jakarta) 5. Vincent Rivaldi Kosasih (Pelita Jaya Bakrie Jakarta) 6. Widyanta Putra Teja (Satria Muda Pertamina Jakarta) 7. Muhamad Arighi (Pelita Jaya Bakrie Jakarta) 8. Julian Alexandre Chalias (Indonesia Patriots) 9. Jerome Anthony Beane Jr. (Indonesia Patriots) 10. Kaleb Ramot Gemilang (Dewa United Banten) 11. Lester Prosper 12. Brandon Van Dorn Jawato 

Indonesia berada di Grup A bersama Thailand, Singapura, dan tuan rumah Kamboja. Kemudian Grup B diisi Filipina, Malaysia, Vietnam, dan Myanmar. Pembagian grup dilakukan karena menyesuaikan regulasi. Panitia SEA Games Kamboja menetapkan jika peserta sampai delapan negara, maka dilakukan pembagian menjadi dua grup. Jadi akan ada babak semifinal dan final. Berbeda dengan SEA Games Hanoi yang menggunakan sistem round-robin. 

"Kami siap dengan sistem kompetisi seperti apa pun. Tidak bisa dianggap remeh, tetap harus fokus," ujar head coach Milos Pejic. 

Melihat dari daftar pemain yang akan dibawa ke Kamboja, ada enam pemain yang mendapatkan medali emas di edisi sebelumnya, yaitu Yudha Saputera, Andakara Prastawa, Brandon Jawato, Dame Diagne, Juan Laurent Kokodiputra, dan Vincent Rivaldi Kosasih. Kemudian ada juga pemain yang sudah berpengalaman mengikuti tiga kali SEA Games, yakni Kaleb Ramot Gemilang. 

"Kalau target di SEA Games ini bagaimana caranya mempertahankan emas.Tapi untuk target pribadi sih saya nggak muluk-muluk. Semoga bisa menyesuaikan diri dengan peran yang diberi oleh pelatih," kata Kaleb. 

Sejumlah nama juga absen dalam SEA Games edisi kali ini. Sebut saja Abraham Damar Grahita, Derrick Michael Xzavierro, Marques Bolden, Arki Dikania Wisnu, Agassi Goantara, dan Hardianus Lakudu. Mereka merupakan pemain yang pernah membawa timnas meraih medali emas di SEA Games sebelumnya. (*)

Baca Juga: Timas Basket Putri Pulang dengan Penuh Kebanggaan

0 Comments