Turnover Membunuh Hangtuah


Mar 08, 2022

Baru saja kuarter ketiga dimulai, NSH sudah menambah keunggulan menjadi 38-27 lewat three point play Ruslan. Pemain jangkung tersebut juga berhasil membawa NSH unggul 14 poin (44-30) di sisa waktu 8 menit. Ruslan mencetak poin dengan slam dunk setelah mendapatkan assist dari Shavar Newkirk. 

Pertahanan NSH yang bagus membuat serangan Hangtuah tak bisa berjalan lancar. Seperti ketika Kelly melakukan layup, Ruslan berhasil menggagalkannya dengan block shot. Sama halnya ketika Stefan Neno mencoba menerobos paint area, bolanya malah di curi oleh Rizky Agung Pranata. Setelah itu, NSH bisa mencetak poin dengan fast break. 

Situasi ini tidak bagus untuk Hangtuah. Sehingga coach AF Rinaldo meminta time-out. Namun tidak juga membuat penampilan anak-anak Hangtuah membaik. Mereka malah membuat dua kali turnover yang sangat merugikan. Sampai waktu tersisa tiga menit, Hangtuah hanya mencetak 9 poin saja. 

Sementara itu, faktor pembunuh Hangtuah yang membuat mereka lemah di laga ini adalah turnover. Hangtuah melakukan 17 kali turnover hingga kuarter ketiga. Dari kesalahan tersebut, NSH bisa memetik 17 poin (points from turnovers). 

NSH sendiri berhasil menambah 23 poin di kuarter ketiga. Mereka unggul 58-38 saat kuarter ketiga ditutup. Shavar Newkirk sendiri sudah mengoleksi 19 angka hingga kuarter ketiga. (*)