News Tim Nasional

Timnas Tundukkan Patriots di Indonesia Arena

02 August 2023
|

Indonesia International Basketball Invitational 2023 resmi dimulai. Ajang ini merupakan test-event yang diselenggarakan untuk mencoba Indonesia Arena, sebagai tempat penyelenggaraan FIBA World Cup 2023. Turnamen tersebut dibuka dengan pertandingan antara Indonesia National Team (Timnas Indonesia) dan Indonesia Patriots, pada Rabu (2/8) sore. Di laga ini Timnas Indonesia menang dengan skor 82-56. 

Pada laga tersebut, Zane Williams Adnan yang menjalani debutnya bersama timnas, mencetak 13 poin, empat rebound, empat assist, dan satu steal dalam 18 menit. Seluruh pemain timnas kali ini menyumbang poin. Timnas Indonesia kali ini menurunkan starting five berisi Derrick Michael, Yudha Saputera, Anthony Beane Jr., Marques Bolden, dan kapten tim Brandon Jawato. 

Sementara itu, dari tim Patriots, Dame Diagne mencetak 21 poin dan delapan rebound. Hendrick Xavi Yonga mencetak 11 poin. Keduanya muncul dari bangku cadangan. Karena starter Patriots kali ini adalah Antoni Erga, Ali Bagir, Karl Patrick Gloria, Agus Salim, dan kapten tim Pandu Wiguna. 

Di awal laga, Patriots masih bisa mengimbangi permainan timnas. Namun mereka terkunci di kuarter kedua, dengan hanya mencetak delapan angka saja. Mulai dari sini timnas memimpin 45-27 saat half time. Kemudian di kuarter keempat, Patriots yang sudah kehabisan tenaga dihancurkan dari paint area. Akhirnya timnas menang dengan margin 26 angka. 

Akurasi tembakan timnas kali ini mencapai 40%, dengan memasukkan 29 tembakan dari 70 attempt. Mereka memasukkan 14 three point dari 48 percobaan. Namun ang menjadi catatan adalah jumlah rebound, karena mereka masih kalah dengan Patriots. Perbandingan total rebound timnas dengan Patriots adalah 44-50. Tetapi hal tersebut ditutupi dengan 22 assist sepanjang pertandingan. 

Salah satu pemain timnas, Derrick Michael merasa sangat senang bisa kembali tampil untuk Timnas Indonesia. Ini merupakan penampilan pertama Derrick untuk timnas, setelah menjalani operasi paru-paru. "Saya merasa bagus, hanya perlu sedikit kontrol fisik dan mengembalikan sentuhan dalam pertandingan seperti dulu," katanya. 

Menurut Derrick, saat ini fokus Timnas Indonesia adalah mengembalikan chemistry pemain. Dirinya juga merasa bahwa turnamen seperti ini sangat dibutuhkan oleh timnas, untuk persiapan menghadapi laga-laga internasional. Terpenting, Derrick ingin bertanding membawa nama Indonesia di Indonesia Arena dan disaksikan oleh penggemar basket tanah air. (*)

Baca Juga: Timnas Indonesia Menangi Duel Sedarah

0 Comments