Tifan Eka Pradita Bakal Adu Cerdik dengan Antoni Erga


Aug 13, 2022

Playoffs IBL Tokopedia 2022 akan segera dimulai. Untuk laga pembuka nanti, Satria Muda Pertamina Jakarta sebagai tim dengan peringkat kedua bertemu Amartha Hangtuah Jakarta. Di sini kita bakal melihat persaingan menarik antara Antoni Erga dan Tifan Eka Pradita. 

Absennya Hardianus Lakudu membawa berkah bagi Antoni Erga. Pemain yang direkrut dari Satya Wacana Salatiga. Dia berhasil improve sehingga membuat head coach Youbel Sondakh memberikan kepercayaan padanya. Erga setidaknya bisa bermain 14 game di musim reguler dengan beberapa kali menempati posisi starter. 

Meski catatan statistiknya tidak sebesar di Satya Wacana, tapi bisa mendapatkan tempat di tim sebesar SM tentu sebuah prestasi yang membanggakan. Erga di musim 2021 dan masih bersama Satya Wacana mencetak 13,3 ppg, 3,7 rpg, 3,1 apg, dan 1,3 spg. Sementara saat bermain bersama SM, dia mengoleksi 4,3 ppg, 3,0 rpg, 2,6 apg, dan 1,3 spg. Hebatnya adalah Erga bisa mendapatkan menit bermain lebih dari 20 menit per game di SM, meski berstatus pemain baru. 

Kalau secara posisi, Erga nantinya akan berhadapan dengan Tifan Eka Pradita. Karena mereka sama-sama point guard. Tifan berhasil mencuri perhatian ketika tampil bersama Bima Perkasa di musim 2020, atau musim debutnya. Dia mencetak 4,4 ppg, 1,8 rpg, dan 1,2 apg dalam 12 game. Tetapi performanya menurun di musim 2021 dengan hanya mencetak 2,6 ppg, 1,4 rpg, dan 1,0 apg. 

Tifan lalu pindah ke Hangtuah untuk mencari pengalaman baru. Kali ini dia diproyeksikan menggantikan Abraham Wenas yang pindah ke Bali United. Di sini, Tifan mendapatkan kepercayaan dirinya. Dalam 13 game bersama Hangtuah, Tifan diturunkan 15,6 menit per game dengan kontribusi 2,2 ppg, 1,6 rpg, dan 1,2 apg. 

Kalau soal pengalaman Playoffs, Tifan justru lebih unggul dari Erga. Karena musim lalu, Tifan bermain di Playoffs bersama Bima Perkasa. Sementara Erga bakal bermain di Playoffs untuk pertama kalinya musim ini. Persiangan kedua pemain muda ini bakal meramaikan pertandingan SM melawan Hangtuah di Playoffs IBL Tokopedia 2022. (*)