The Saints Salatiga, Nama Baru Tim Basket Satya Wacana


Jan 25, 2021

Tak hanya bersiap secara teknik, Satya Wacana Salatiga juga berusaha memperkuat branding mereka dengan meluncurkan nama baru, Satya Wacana Saints Salatiga. Nama baru ini diumumkan secara resmi, Senin 25 Januari 2021. Call name tim besutan Efri Meldy ini akan menjadi The Saints Salatiga.

“Penambahan nama ini selain menguatkan nilai-nilai yang dibawa Satya Wacana juga dapat memudahkan fan dalam mendukung tim ini,” kata Rudolf Tulus P. Sirait, Commercial Director Satya Wacana Saints Salatiga. Arti nama Satya Wacana sendiri adalah percaya kepada firman atau ajaran agama. Tim ini percaya agama apapun akan selalu mengajarkan kebaikan. Tim ini juga menunjuk Yeremia Rayo Souisa sebagai general manager untuk memperkuat jajaran manajemen tim.

”Kami akan memulai bab baru untuk meningkatkan nilai jual tim. Untuk itu perlu membangun branding, image dan awareness dari tim ini,” kata Tulus. Aspek bisnis akan terus dikembangkan. Satya Wacana akan berusaha menjadi protype tim olahraga yang sehat, kuat, mandiri. “Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi tim Satya Wacana Saints Salatiga menjadi tim yang disegani. Terima kasih kepada IBL atas persetujuannya untuk menambah nama tim ini,” sambung Tulus.

Tim bolabasket Satya Wacana dibentuk pada tahun 2007 oleh Danny Kosasih yang kini menjadi Ketua Umum PP Perbasi dan Dekan FTI Universita Satya Wacana Salatiga saat itu, Prof. Ir. Danny Manongga, M.Sc,. PhD. Awalnya bertujuan menyalurkan bakat mahasiswa selain sebagai alat bagi kampus untuk menebarkan kebaikan.

Sejak didirikan, klub ini selalu berlaga pada level tertinggi Kompetisi Bola Basket Indonesia, dari NBL hingga IBL pada saat ini. Prestasi tertinggi adalah menembus babak playoff pada Kompetisi IBL 2015-2016.  “Perubahan ini merupakan hal yang baik dan diperlukan. Potensi yang ada dalam tim bisa dioptimalkan tak hanya dari sisi prestasi tetapi juga aspek bisnisnya,” kata Pembantu Rektor IV UKSW, Joseph Ernest Mambu, PhD.